Polri Kerahkan 1.073 Personel Amankan Upacara HUT RI di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 13 Agu 2024 21:30 WIB

Polri mengerahkan 1.073 personel untuk pengamanan upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus mendatang. Polri mengerahkan 1.073 personel untuk pengamanan upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus mendatang. (Foto: Teresia May)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mabes Polri mengerahkan 1.073 personel dalam rangka persiapan dan pengamanan upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus mendatang.

Karo Penmas Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut ribuan tersebut personel itu nantinya juga bakal dikerahkan untuk mengawal para tamu undangan upacara.

"Personel maupun kesiapan materil Polda Kaltim nan tergabung di dalam penyelenggaraan aktivitas pengamanan VIP dan VVIP bekerja sama dengan Kodam 6 Mulawarman," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menjelaskan ribuan personel nan diperbantukan dari Polda Kaltim tersebut nantinya bakal dibagi ke dalam 7 Satgas berbeda untuk pengamanan VIP dan VVIP. Selain itu, Polres Balikpapan maupun Polres Penajam Paser Utara (PPU) juga bakal melaksanakan aktivitas rutin nan ditingkatkan.

"Pelaksanaan aktivitas pengamanan VVIP adalah ranah daripada Kodam 6 Mulawarman dan Pangdam selaku Komandan Satgas pengamanan wilayah. Kemudian Bapak Kapolda Kaltim sebagai Wakil Komandan Satgas," jelasnya.

Lebih lanjut, Trunoyudo menambahkan pengamanan nan nantinya dilakukan juga tidak hanya sebatas keamanan tamu undangan, melainkan juga upaya pencegahan dan mitigasi musibah alam.

Sedangkan untuk rute perjalanan menuju IKN, dia menyebut nantinya juga bakal ditempatkan personel di seluruh persimpangan jalan. Selain itu juga bakal didirikan pos pada letak nan dianggap berpotensi terjadi kerawanan alias kemacetan.

"Personel dalam rangka melakukan aktivitas rekayasa lampau lintas sehingga diharapkan tamu undangan alias tamu VIP, tamu undangan nan lain tidak ada hambatan menuju tempat aktivitas upacara ialah di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Trunoyudo merincikan unik untuk pengamanan lampau lintas, Korp Bhayangkara mengerahkan 898 personel untuk pengamanan, pengawalan rute lampau lintas dan parkir. Serta 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua untuk pengamanan dan pengawalan.

"Seluruh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, telah melalui pengecekan menyeluruh untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima dan siap digunakan," ujarnya.

(tfq/pta)

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional