PP Aisyiyah Harap Keajaiban Muhammadiyah Tolak Izin Tambang Jokowi

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 21:07 WIB

Pimpinan Pusat Aisyiyah berambisi ada keajaiban agar para ketua Muhammadiyah tak menerima izin tambang pada forum pertemuan nan bakal digelar akhir pekan ini. Pimpinan Pusat Aisyiyah berambisi ada keajaiban agar para ketua Muhammadiyah tak menerima izin tambang dari pemerintah. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Divisi Lingkungan dan Manajemen Bencana Pimpinan Pusat Aisyiyah, Hening Parlan tetap berambisi ada keajaiban para pimpinan Muhammadiyah memutuskan tak menerima izin tambang pada forum pertemuan nan bakal digelar akhir pekan ini.

"Yang krusial bahwa mari berambisi semoga tetap ada keajaiban bahwa besok alias lusa itu para ketua tidak menerima tambang untuk Muhammadiyah dan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah," kata Hening di sebuah obrolan di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (26/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Muhammadiyah bakal menggelar konsolidasi nasional di Universitas Aisyah Yogyakarta pada 27-28 Juli 2024. Forum ini bakal diikuti oleh seluruh pengurus wilayah Muhammadiyah se-Indonesia.

Hening juga berambisi pada forum itu nantinya Muhammadiyah justru meminta pemerintah bisa mendorong tujuh kampus milik Muhammadiyah nan mempunyai prodi pertambangan diberi kesempatan untuk bekerja dengan pihak tambang.

"Sehingga, jika kelak kita bakal terima pada suatu hari entah kapan misalnya, betul-betul Muhammadiyah sudah punya ilmunya," kata Hening.

Hening juga menganggap tak mudah untuk melakukan aktivitas mengembalikan kegunaan semula terhadap alam jika proses pertambangan sudah selesai dilakukan.

Ia pun menilai proses pertambangan sebagai upaya nan mengerikan dan belum tentu dapat sukses.

"Bukankan lebih baik kita mengurangi sesuatu nan mudarat kemudian kita mengganti pada suatu nan baik, ialah kita masuk pada rumor transisi energi. Daripada kita masuk ke tambang nan kita tahu bahwa itu sangat menyeramkan, belum lagi bahayanya, dampaknya," kata dia.

Sebelumnya Ketua Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah Azrul Tanjung mengungkapkan PP Muhammadiyah telah setuju menerima izin tambang dari pemerintah usai digelarnya rapat pleno PP Muhammadiyah nan digelar sekitar pertengahan bulan Juli ini.

"Ya, nan jelas itu melalui pleno. Nah pleno sudah memutuskan setuju, Bismillah, Muhammadiyah bakal mengambil lahan dengan syarat-syarat ABCD nan sudah saya sampaikan," kata Azrul kepada CNNIndonesia.com, Kamis (25/7) malam.

Azrul mengungkapkan Muhammadiyah mau memberikan contoh baik jika mengelola tambang. Ia tak mau muncul tambang-tambang liar dan melakukan pertambangan secara sembrono nan meninggalkan masalah.

Ia mengatakan Muhammadiyah bakal menambang dengan program 'tambang hijau'. Salah satu caranya dengan melakukan restrukturisasi lahan seperti sedia kala jika sudah selesai proses pertambangan.

(rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional