PPI Ungkap Masalah Pelepasan Jilbab Paskibraka Baru Terjadi Tahun Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 14 Agu 2024 16:05 WIB

Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia (PPI) menyebut masalah pelepasan jilbab bagi personil paskibraka baru pertama kali terjadi. Aturan lepas jilbab Paskibraka era akhir Jokowi dikecam banyak pihak. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pengurus Pusat (PP) Purna Paskibraka Indonesia (PPI) menyebut masalah pelepasan jilbab bagi personil paskibraka baru pertama kali terjadi.

Wasekjen PP PPI Irwan Indra mengatakan sebelumnya pernah ada patokan soal pelepasan jilbab bagi anggota. Baik saat tetap di bawah naungan Kemenpora dan beranjak di bawah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada tahun 2022.

"Baru kemarin kami kaget di 2024 ini pada saat pengukuhan baru kelihatan, mungkin teman-teman media juga pernah memandang di Youtube alias di media, tidak ada satupun capaskibraka nan putri mengenakan jilbab," kata Irwan kepada wartawan, Rabu (14/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam kesempatan sama, Ketua Umum PP PPI Gouta Feriza menyampaikan pihaknya tetap terus menunggu penjelasan dari BPIP mengenai pelepasan jilbab 18 personil paskibraka. Gouta pun berambisi kejadian ini merupakan nan terakhir dan tak terulang di tahun-tahun berikutnya.

"Pengurus pusat meminta penjelasan dari BPIP selaku penanggung jawab program kenapa perihal ini bisa terjadi, dan kami harapkan ini adalah perihal nan terakhir kali dan tidak ada lagi hal-hal seperti ini untuk upacara nan bakal datang," tutur dia.

Sebelumnya terdapat berita dugaan pasukan Paskibraka 2024 wanita berakidah Islam diwajibkan mencopot jilbab ramai menjadi pembahasan warganet.

Ini diketahui dari sejumlah foto nan beredar di media sosial, tak ada Paskibraka wanita 2024 nan berhijab.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis protes keras mengenai berita tersebut. Cholil lantas mendesak agar berita larangan berjilbab bagi Paskibraka dihapus.

Jika tidak ada kebebasan dalam berjilbab, Ia menyarankan sebaiknya para peserta Paskibraka wanita nan awalnya berjilbab untuk pulang saja.

"Atau pulang saja adik-adik nan berjilbab jika dipaksa kudu membuka jilbabnya," ujarnya.

(dis/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional