PPP Dukung Taj Yasin Cawagub Jateng, Andra Soni-Dimiyati Pilgub Banten

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP menyatakan support jika kadernya bakal kembali maju menjadi cawagub di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP Arwani Thomafi mengaku senang jika kadernya, Taj Yasin Maimoen didukung untuk kembali maju menjadi Cawagub Jateng. Namun, Arwani mengatakan pihaknya tetap memerlukan support partai lain.

"Jadi kami senang jika beliau digandeng alias didukung oleh partai-partai lain. Karena PPP kursinya tidak cukup untuk mengusung sendiri. Tentu kita butuh support dari partai-partai politik lain," kata Arwani di instansi DPP PPP, Jakarta, Jumat (12/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arwani menegaskan bahwa Taj Yasin menjadi tokoh satu-satunya nan bakal didukung PPP jika diinginkan maju di Jateng. Dia mengatakan PPP Jawa Tengah sudah melakukan komunikasi mengenai wacana itu.

"Tentu kami juga menunggu support dari partai-partai politik lain, kan PPP kursinya kurang untuk bisa mengusung sendiri. Harus ada koalisi dengan partai lain," katanya.

Namun, Arwani bilang PPP menyerahkan sepenuhnya kepada Taj Yasin jika mau kembali maju. Dengan demikian, Taj Yasin nantinya bakal mundur sebagai personil DPD terpilih periode 2024-2029.

"Ya, sekali lagi tentu jika beliau pada akhirnya memang memilih untuk di Pilkada, tentu juga kudu mundur kan. Kami mendukung dan memberikan sepenuhnya ke beliau apakah di DPD alias di Pilkada," katanya.

Wacana Taj Yasin untuk maju kembali di Jateng didorong DPP PAN. Sekjen PAN, Eddy Soeparno mau agar Taj Yasin dipasangkan dengan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

Eddy menyebut hingga sekarang mereka tetap terus berembuk dengan parpol lain perihal itu seraya berkomunikasi intens dengan Luthfi dan Taj Yasin.

"Kita, [usul] Ahmad Luthfi dan Taj Yasin," kata Eddy di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (11/7).

Dukung Andra Soni-Dimyati di pilgub Banten 2024

DPP PPP juga menyatakan support kepada pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.Arwani mengatakan keputusan resmi support kepada Andra Soni bakal disampaikan dalam waktu dekat.

"Yang sudah kita sampaikan support ke Andra Soni, Partai Gerindra," kata Arwani.

Andra Soni merupakan politikus Partai Gerindra nan saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Banten sejak 2019.

Sedangkan calon wakilnya, Achmad Dimyati merupakan politikus PKS nan pernah menjabat sebagai Bupati Pandeglang. Kini, Dimyati merupakan personil Komisi III DPR dari Fraksi PKS.

Selain PPP, Gerindra, dan PKS, keduanya saat ini telah mendapat support empat partai lain ialah NasDem, PAN, PKB, PSI. Tujuh partai itu total telah mengantongi 61 bangku dari 100 bangku DPRD.

Mereka diprediksi bakal melawan Airin Rachmi Diany nan bakal dipasangkan dengan Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi. Selain keduanya, tetap ada Partai Demokrat nan belum menyatakan dukungan.

Jika berasosiasi tidak partai itu total mengantongi 39 bangku DPRD Banten.

(thr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional