Prabowo Cerita Soal Makna Nan Magis Angka 8 dalam Hidupnya

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan bahwa nomor delapan mempunyai makna nan sangat dalam untuk hidupnya. Bahkan nomor delapan menemani perjalanan hidupnya sampai saat ini.

Apalagi, saat ini dia juga terpilih menjadi presiden ke-8 Indonesia nan mulai menjabat pada Oktober 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Bagi saya nomor delapan itu nomor nan selalu muncul dalam kehidupan saya," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Amanat Nasional (PAN), Jakarta, Kamis (9/5).

Prabowo bercerita, awal mula nomor delapan identik dengan dirinya ketika dia dinas di militer. Pada saat itu, semua kapten diberi sandi sebagai panggilan dan tidak menggunakan nama asli.

"Jadi suatu saat waktu saya tetap kapten di tentara, kita diberi sandi, nama kita diganti sandi," imbuhnya.

Awalnya, sandi 'panggilan' menggunakan bahasa Sansekerta lantaran saat itu pasukan tentara didominasi orang Jawa. Beberapa sandi nan biasanya dipakai adalah Gatotkaca, Bima, Arjuna, Pandawa.

Namun, ketika komandannya tukar menjadi orang Batak, maka sandi diganti menjadi angka. Saat itu, pemimpinnya adalah Luhut Binsar Pandjaitan.

"Suatu saat waktu saya kapten, komandan saya orang Batak, namanya Pak Luhut Pandjaitan. Dia bilang 'wo apa ini, tentara kok selalu pake bahasa Jawa. Kita ubah. Sandi-sandi kita sekarang pake angka' 'siap komandan' saya bilang," ceritanya.

Pada waktu itu, Luhut sebagai komandan mendapatkan sandi nomor tertinggi 09. Prabowo sebagai wakil diberikan sandi 08 dan nomor itu tetap muncul dalam hidupnya sampai saat ini.

"Sampai jenderal, sampai pensiun, sampai jadi presiden terpilih saya dipanggilnya 08 terus. Saya baru sadar 'oh jangan-jangan ini mungkin ada sesuatu kekuatan nan beri saya nomor 8', akhirnya saya jadi presiden ke-8, kan begitu. Coba jika beliau bilang 'wo, kau 07' siapa tahu saya jadi presiden ke-7 kan. Tapi akhirnya saya terima, 'oh bener-benar'," curhatnya.

Ia berambisi setelah menjabat kelak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Prabowo berjanji bakal belajar dari kepemimpinan kepala negara Indonesia sebelumnya.

"Setelah saya jadi presiden ke-8 dan Insyaallah Oktober. Artinya saya bisa belajar dari presiden-presiden sebelum saya," pungkasnya.

(lid/end)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional