Prabowo Janji Lanjut Garap IKN: Kalau Bisa Saya Selesaikan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 13 Agu 2024 06:34 WIB

Presiden terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur nan digagas Presiden Jokowi. Presiden terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur nan digagas Presiden Jokowi. Biro Humas Setjen Kemhan

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur nan digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya kira sudah acapkali saya sampaikan bahwa saya berkeinginan untuk melanjutkan jika bisa menyelesaikan ya," ujar Prabowo di IKN, Senin (12/8).

Prabowo mengatakan bakal melanjutkan pembangunan di periode pemerintahannya. Tak hanya itu, dia juga bakal berkontribusi secara pribadi sebagai investor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Salah satu penanammodal saya sendiri sebagai pengusaha," kata Prabowo.

Prabowo menilai Jokowi sudah mengambil peran berhistoris untuk memulai pembangunan IKN. Ia pun tergerak untuk menuntaskan pekerjaan Jokowi itu.

Ketua umum Partai Gerindra itu sadar pembangunan ibu kota negara tak bisa selesai dalam waktu singkat. Prabowo bakal berupaya keras untuk menuntaskan pembangunan tersebut.

"Saya kira jika kita lihat, optimis ya dan kelak bakal terlihat sungguh faedah daripada pemindahan ini," kata Prabowo menambahkan.

Prabowo pun percaya pembangunan IKN bakal selesai dalam lima hingga enam tahun ke depan. Ia mengatakan memang sudah ada rencana pembangunan jangka panjang belasan tahun. Namun, dia optimistis pembangunan bisa lebih sigap jika memandang pencapaian saat ini.

"Saya bukan mahir teknik, tapi saya lihat potensinya saya lihat, saya percaya 5-6 tahun bakal bagus, bakal selesai," kata Prabowo.

Ia memandang perkembangan pembangunan IKN sudah sangat baik. Dia percaya pembangunan ibu kota negara baru ini bakal berakibat baik bagi masyarakat dalam waktu dekat.

Prabowo berbicara sekitar empat alias lima tahun ke depan IKN sudah bisa berfaedah dengan baik. Dia berbicara bakal mengerahkan pakar-pakar untuk mempercepat pembangunan.

"Jadi ya memang pembangunan ini melangkah dan kudu terus jika bisa kita percepat ya jika bisa," ujarnya

Pembangunan IKN sudah melangkah sejak 2022. Pembangunan ditargetkan rampung pada 2045.

Pemindahan status ibu kota negara tinggal menunggu publikasi keputusan presiden. Namun, Presiden Jokowi belum kunjung melakukannya hingga saat ini.

Sementara itu, Jokowi bakal mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober mendatang. Prabowo nan memenangkan Pilpres 2024 bakal menggantikan posisi Jokowi. Prabowo bakal menerima tampuk kepemimpinan sebagai presiden mulai 20 Oktober 2024.

(rzr/gil)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional