Prediksi Perolehan Kursi DPRD DKI Jakarta Hasil Pemilu 2024

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 06 Agu 2024 18:39 WIB

PKS diprediksi jadi partai dengan raihan bangku terbanyak di DPRD DKI Jakarta. Diikuti PDIP dan Gerindra. Ilustrasi. Menurut prediksi, PKS jadi partai dengan raihan bangku terbanyak. Diikuti PDIP dan Gerindra. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diprediksi jadi partai dengan raihan bangku terbanyak di DPRD DKI Jakarta hasil Pemilu 2024. Namun, dia tetap belum memenuhi syarat untuk mencalonkan gubernur dan wakil gubernur secara berdikari di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Untuk mencalonkan gubernur DKI Jakarta, partai alias campuran partai butuh setidaknya 22 bangku di DPRD DKI Jakarta. Hal ini merujuk pada Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan Pasal 40 UU Pilkada, pasangan calon kepala wilayah baru bisa didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) jika mendapat support 20 persen bangku DPRD alias 25 persen bunyi hasil pemilu terakhir.

Berdasarkan kalkulasi Agung Baskoro selaku pengamat politik Trias Politika, PKS bakal jadi partai dengan perolehan bangku terbesar sebanyak 18 kursi. Kemudian, diikuti PDIP (15 kursi), Gerindra (14 kursi), dan NasDem (11 kursi).

Berikut ini prediksi perolehan bangku di DPRD DKI Jakarta.

PKS: 18 kursi

PDIP: 15 kursi

Gerindra: 14 kursi

Nasdem: 11 kursi

Golkar: 10 kursi

PAN: 10 kursi

PKB: 10 kursi

PSI: 8 kursi

Demokrat: 8 kursi

Perindo: 1 kursi

PPP: 1 kursi

Total: 106 kursi

Adapun info tersebut tetap dapat berubah lantaran KPU DKI Jakarta belum menetapkan perolehan resmi bangku DPRD DKI Jakarta.

Penetapan bakal dilakukan setelah KPU RI menetapkan perolehan bunyi secara nasional.

(lna/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional