Profil Ilham Habibie, Anak Presiden Penantang Baru di Pilkada Jabar

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 07 Jun 2024 07:51 WIB

Ilham Akbar Habibie adalah putra pertama dari Presiden ke-3 RI B.J. Habibie. Selayaknya sang ayah, dia juga merupakan master penerbangan lulusan Jerman. Partai NasDem resmi mengeluarkan surat rekomendasi kepada Ilham Akbar Habibie untuk menjadi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di Pilkada 2024. (Detikcom/Aisyah Kamaliah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai NasDem resmi mengeluarkan surat rekomendasi kepada Ilham Akbar Habibie untuk menjadi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di Pilkada 2024.

Surat tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (6/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hari ini DPP Partai NasDem bakal serahkan rekomendasi ke Bapak Ilham Habibie sebagai Calon Gubernur alias Calon Wakil Gubernur Jawa Barat," kata Ketua DPW NasDem Jawa Barat Saan Mustopa.

Ilham adalah putra pertama dari Presiden ke-3 RI B.J. Habibie dengan Hasri Ainun. Ilham lahir di Aachen, Jerman Barat pada 16 Mei 1963. Selayaknya sang ayah, dia juga merupakan master penerbangan lulusan Jerman.

Ilham menempuh pendidikan Sarjana dan Magister bagian Teknik Penerbangan di Technical University of Munich. Ia meraih gelar Doktoral di Universitas nan sama dengan predikat summa cum laude.

Setelah lulus kuliah, Ilham bekerja di perusahaan pesawat Boeing. Dalam perjalanan kariernya, dia juga pernah didaulat menjadi Direktur Marketing PT Dirgantara Indonesia.

Pada 2002, dia mengundurkan diri dari PT Dirgantara Indonesia. Ilham melanjutkan kariernya di Grup Ilthabi Rekatama nan merupakan perusahaan keluarga.

Ilham mengambil kendali perusahaan itu lantaran sang adik, Thareq Kemal Habibie menjalankan upaya lain. Seiring dengan itu, Ilham mengambil pengetahuan manajemen di School of Business, Universitas Chicago, Singapura, pada 2003.

Ia juga beberapa kali dipercaya sebagai Presiden Direktur alias CEO di beberapa perusahaan, ialah PT. Global Group Asia, PT. Industri Mineral Indonesia, dan kedudukan komisaris di beberapa perusahaan besar lainnya.

Saat ini, dia dipercaya sebagai Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI).

Ilham juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina di The Habibie Center, sebuah organisasi independen, non pemerintah dan non keuntungan nan didirikan B.J.Habibie dan keluarga.

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional