Program BRI Peduli Yok Kita GAS Diselenggarakan di Mandalika

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS – Di tengah persiapan perhelatan Internasional Indonesian MotoGP di Mandalika, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan Program BRI Peduli Yok Kita GAS (Gerakan Anti Sampah) nan bertepatan dengan World Clean Up Day pada 20 September. BRI menyelenggarakan beberapa aktivitas nan dilaksanakan guna mendorong pengelolaan sampah terpadu dengan menerapkan prinsip sistematis, menyeluruh, berkesinambungan serta mengutamakan pemberdayaan.

Program Yok Kita GAS pertama nan dijalankan adalah training pengelolaan sampah nan dilaksanakan pada 20 September 2024 untuk 300 peserta, dimana nantinya peserta ini bakal menjadi petugas pengelola sampah selama event MotoGP berjalan pada 26-29 September 2024. Pelatihan ini berfokus pada sistem pemilahan dan pengelolaan sampah organik dan anorganik dengan beragam metode inovatif.

Pelatihan juga memberi pengetahuan perihal pembuatan ecoenzym dan Pupuk Organik Cair (POC), perihal ini diharapkan bisa meningkatkan keahlian masyarakat tentang pemanfaatan sampah secara ekonomis. Pelatihan juga mengedepankan prinsip 9R (Refuse, Reduce, Reuse, Repair, Recondition, Remanufacture, Repurpose, Recycle, dan Recover) sebagai pedoman dalam pengelolaan sampah.

Sebanyak 300 petugas nan dilatih, bakal mengelola sampah di area Sirkuit Mandalika seluas 1200 Ha. Sampah bakal ditimbang, dihitung, dan dikelola dengan baik sesuai dengan jenisnya. Kedepannya, Program Yok Kita GAS ini diharapkan menjadi penopang pemberdayaan masyarakat berbasis lingkungan dan juga menjadi pengganti pendapatan ekonomi masyarakat

BRI, kata Wakil Direktur Utama Catur Budi Harto, berkomitmen membangun budaya keberlanjutan melalui program Zero Waste to Landfill, nan mencakup edukasi bagi pekerja tentang pengelolaan sampah dan pentingnya keberlanjutan lingkungan. Selain Program Yok Kita GAS, BRI juga memperkenalkan mesin Reverse Vending Machine (RVM) di Mandalika untuk mendaur ulang botol plastik. “Kedua program ini adalah upaya BRI untuk memeriahkan World Clean Up Day nan merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendukung keberlanjutan dan menciptakan lingkungan nan lebih bersih,” kata dia. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis