Program Makan Bergizi Gratis Prabowo, Wamentan Sebut Beberapa Pengusaha Sudah Siap Suplai Susu

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) bakal membuka kesempatan bagi pihak swasta, khususnya pengusaha lokal dalam penyediaan kebutuhan susu dalam program Makan Bergizi Gratis nan bakal dijalankan oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono menyebut nantinya pengusaha lokal juga bisa berkedudukan sebagai importir sapi perah. Dengan begitu, ketergantungan susu impor bisa ditekan sekaligus mendorong produksi susu lokal. 

"Percuma saja kita memaksa makan bergizi cuma-cuma tapi tidak pro terhadap perekonomian negara," ujar Sudaryono saat ditemui usai rapat kerja Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan Menteri Pertanian di Gedung DPR, Jakarta Pusat pada Senin, 26 Agustus 2024.

Ia pun menyatakan para pengusaha tersebut siap berkomitmen dalam membantu penyediaan susu untuk program makan bergizi Prabowo. 

Berikutnya, Sudaryono mengatakan, pemerintah bakal membantu mempermudah perizinan mereka dalam upaya penyediaan susu tersebut. "Dengan adanya kebutuhan nan besar ini menjadi daya tarik bagi pengusaha untuk mendatangkan sapi."

Iklan

Selain itu, Sudaryono mengatakan susu dan daging bakal masuk ke dalam program swasembada pangan selanjutnya. Program swasembada pangan nan dikerjakan oleh Kementan selama ini baru mencakup produk telur, ayam, dan beras.

"Tinggal daging dan susu (yang belum masuk program). Bagaimana pelan-pelan kebutuhan impor kita berkurang," kata Sudaryono.

Lebih jauh, Sudaryono memastikan sudah ada sejumlah pengusaha nan tertarik dalam penyediaan susu untuk program makan bergizi cuma-cuma ini. “Beberapa sudah ada, beberapa pengusaha, ada nan medium dan kecil, kami tampung semua. Kebutuhan kita kan 1,3 juta ekor (sapi),” ucapnya.

Pilihan Editor: Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran, Heru Budi: Harga di Jakarta Rp 25 Ribu per Porsi

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis