Progres Bandara IKN, Budi Karya Cerita Hari Ini Uji Kembali DIuji Coba Pesawat Landing

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya sudah melakukan kalibrasi dan pengecekan terhadap daya dukung Bandara IKN. Hari ini, Kemenhub berencana melakukan tes pendaratan pesawat nan kapabilitas dan kualifikasinya sama dengan pesawat kepresidenan di Bandara IKN.

"Hari ini, bakal dilakukan landing test dari pesawat nan kapasitasnya, kualifikasinya sama dengan pesawat presiden," ujar Budi Karya saat ditemui usai melakukan rapat kerja berbareng Komisi V DPR RI di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Jumat 20 September 2024. 

Budi menyatakan sudah pernah melakukan penerbangan pertama dan uji coba landing menggunakan pesawat jet di airport tersebut. Nantinya, Bandara IKN juga bisa didarati oleh pesawat kepresidenan. Ia menyatakan persiapannya sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan nan berlaku. 

Ihwal kapan pesawat presiden bisa mendarat di airport IKN, Budi mengatakan perihal tersebut tergantung dengan uji coba nan dilakukan hari ini. Menurutnya, keputusan mendaratnya presiden di airport IKN memang kudu dilakukan dengan penuh kehati-hatian. 

"Mengingat ini adalah satu airport nan memang sangat khusus, maka kita lakukan dengan sistematis dan insyaallah bisa melangkah dengan baik," katanya.

Iklan

Sebelumnya, Presiden Jokowi sendiri mengaku punya kemauan untuk mendarat di Bandara IKN. Namun, perihal itu belum memungkinkan lantaran tetap kudu dilakukan uji coba kembali dengan pesawat-pesawat lain sebelum didarati oleh pesawat kepresidenan. 

"Saya kemarin sebetulnya mau turun di airport baru, tetapi rupanya belum memungkinkan kudu dicoba lagi dengan pesawat nan sama dengan nan kita pakai ini," ucap Presiden dalam sambutannya saat peresmian Hotel Nusantara Swissotel dan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Nusantara Mall Duty Free di IKN, Jumat 13 September 2024. 

"Masih menunggu percobaan landing dan take off dari pesawat-pesawat nan bakal mencobanya sehingga memang pesawat nan kita tumpangi belum bisa turun di Airport Nusantara," kata Jokowi.

Pilihan Editor: Ekonom Celios Kritik Pengelolaan Bandara IKN Dibuka untuk Asing

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis