Promosikan Destinasi Wisata di 19 Titik di Indonesia, Pelindo akan Datangkan 50 Yacht di Bali

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) alias Pelindo bakal mengadakan aktivitas berjudul Sail to Indonesia Goes to BMTH (Bali Maritime Tourism Hub) dan Port Jazz Festival 2024 PT pada 2-4 Oktober di Pelabuhan Benoa, Bali. Guna mempromosikan pengembangan pariwisata maritim kepada dunia, serta destinasi pariwisata unggulan Indonesia, Pelindo bakal menghadirkan lebih dari 50 yacht dari beragam negara seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan lainnya.

Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik alias SPSL Joko Noerhudha mengatakan saat ini BMTH sudah pada tahap penyelesaian pembangunan. Nantinya para yachter bisa sekaligus mencoba Medana Bay Marina di Bali. “Jadi untuk titiknya bukan hanya ada di Benoa tapi ada 19 destinasi. Sudah dipersiapkan untuk menerima peserta Sail to Indonesia nan bakal berjamu ke Benoa,” katanya di Senayan Park, Jakarta Pusat pada Senin, 23 September 2024.

Ia mengatakan saat ini dalam konteks BMTH, Pelindo di regional tiga berstatus sebagai pemilik aset sementara SPSL sebagai pemilik bisnis. Skema itu bertindak semenjak SPSL merger dengan Pelindo pada 2021.

“Kami membangun Marina dengan standar internasional, dan bakal kami kembangkan menjadi total ada 190 untuk yacht juga sudah ada klub unik yacht. Setahun ke depan bisa sepenuhnya melangkah dengan standar internasional,” kata Joko. 

Tiga hari aktivitas berjalan nantinya bakal diawali dengan gala dinner dengan menampilkan tarian Bali dengan fire dancer dengan 20 penari nan mengenakan busana budaya Bali. Kemudian di hari kedua unik mengundang masyarakat Bali dengan penampilan musisi-musisi lokal, salah satunya Dialog Dini Hari.

Sementara di hari ketiga Port Jazz Festival dengan menampilkan musisi-musisi ternama seperti Kunto Aji, Chandra Darusman, Sore, hingga Padi Reborn. SPSL juga mengundang Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno untuk bertandang ke Benoa, Bali. Namun, tetap menunggu konfirmasi sehingga hingga saat ini belum bisa dipastikan kehadiran ketiganya.

Iklan

Sebelumnya, melalui keterangan tertulis, Ketua panitia Sail to Indonesia Goes to BMTH Kiki Mohammad Hikmat menuturkan aktivitas mendatang jadi kesempatan pertama 50 yacht itu bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali. Saat bersadar, pelancong dari beragam negara itu bakal menikmati beragam program intermezo nan telah disiapkan.

“Menjadi kesempatan luar biasa untuk mempromosikan destinasi pariwisata unggulan Indonesia, khususnya di sepanjang pesisir dan kepulauan nan kaya bakal budaya dan keelokan alam,” kata Kiki dalam keterangan tertulis nan diterima Tempo, Minggu, 22 September 2024.

Sebagai informasi, BMTH merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) nan diproyeksikan dapat menjadi gerbang peningkatan ekonomi Bali melalui aktivitas pariwisata bahari. PT Pelindo menjadi salah satu perusahaan nan terlibat dalam perancangan dan penataan proyek tersebut.

Pilihan editor: Jokowi Resmikan Smelter PT Freeport di Gresik, Pabrik Raksasa Produksi Katoda Tembaga

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis