Puan Ajak Jadikan Idul Adha 2024 Sebagai Momen Peduli Sesama

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan ucapan selamat merayakan Idul Adha 1445 H kepada seluruh rakyat Indonesia. Puan membujuk agar Idul Adha dimaknai dengan semangat gotong royong, sekaligus momen meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

"Selamat Idul Adha 1445 Hijriah kepada seluruh umat Islam. Lewat semangat Idul Adha, mari kita tingkatkan gotong royong, dan kepedulian untuk membantu sesama, terlebih bagi saudara-saudara kita nan membutuhkan," kata Puan pada Senin (17/6).

Puan menambahkan, Idul Adha juga bisa menjadi momen memperkuat solidaritas dan persaudaraan antarumat beragaman. Menurutnya, solidaritas begitu dibutuhkan di tengah tantangan nan dihadapi Indonesia saat ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain menjadi tanda tulus dalam berbagi, Idul Adha merupakan kesempatan bagi umat Islam guna memperteguh nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap sesama, serta merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan.

"Ibadah kurban oleh umat muslim nan bisa juga sebagai bagian dari toleransi, lantaran hewan kurban disumbangkan kebanyakan ditujukan untuk saudara-saudara kita nan kekurangan dari sisi ekonomi, sekaligus sebagai corak kebaikan dengan berbagi nikmat dan kebahagiaan untuk saudara, tetangga, dan lingkungan terdekat," papar Puan.

Puan kemudian menyinggung soal ibadah haji 2024 nan disebut tim pengawas (Timwas) Haji DPR relatif aman, tanpa ada kejadian signifikan seperti tahun sebelumnya.

Namun, Puan mengingatkan bahwa kualitas pelayanan ibadah haji tetap perlu ditingkatkan. Menurutnya, tetap ada kebijakan nan perlu diperbaiki, seperti manajemen kuota haji, petugas haji, hingga anggaran haji.

Untuk itu, Timwas Haji DPR berencana membentuk panitia unik (Pansus) nan bekerja mengevaluasi penyelenggaraan ibadah haji secara komprehensif. Puan mengatakan, perihal itu bermaksud untuk memperbaiki kualitas pelayanan secara keseluruhan.

"DPR RI bakal mendengar laporan resmi dari Timwas Haji. Dan tentunya kami DPR bakal mendukung langkah-langkah nan kudu dilakukan sepanjang untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi penyelenggaraan ibadah haji," kata Puan.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional