Puan Maharani Terima Kartini Award 2024, Dorong 'Woman Support Woman'

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPR RI Puan Maharani menerima penghargaan Kartini Award 2024 untuk kategori Exemplary Woman in Politic alias Wanita Teladan dalam Politik yang diadakan di Jakarta pada Jumat (28/6).

Dari atas podium, Puan menyampaikan terima kasih atas penghargaan nan merupakan pengakuan atas prestasi wanita di Indonesia. Dirinya kemudian menyinggung tentang tantangan nan dihadapi perempuan.

"Semua wanita menghadapi tantangan nan sama, kudu bekerja lebih keras lantaran di satu sisi kita juga kudu mengerjakan kodrat sebagai perempuan," ujar Puan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Puan menyatakan, menjadi wanita itu tidak mudah, di mana ada tantangan nan kudu dihadapi sepanjang hidup sembari menjaga keseimbangan antara perjuangan menggapai cita-cita dengan menjalankan kodrat.

"Bagaimana kerja kita kudu dua kali lipat dibandingkan para bapak-bapak, para laki-laki, lantaran kita berupaya tidak melupakan kodrat kita sebagai perempuan, sebagai seorang ibu, sebagai seorang istri, dan sebagai posisi kita di pekerjaan masing-masing," katanya.

Dirinya meyakini, semua wanita merasakan tantangan serupa. Puan pun mendorong agar tantangan tersebut dijadikan motivasi untuk bekerja lebih keras, sehingga kelak, dapat menjadi bukti bahwa wanita mampu.

Karena itu, Puan mengaku bangga memandang pencapaian nan diperoleh wanita lain. Dirinya menyebut perihal ini sebagai support antarperempuan, alias woman support woman.

Menurut Puan, support antarperempuan sangat krusial untuk keberhasilan seluruh wanita Indonesia. Bagi Puan, keberhasilan seorang wanita Indonesia adalah kesuksesan semua perempuan. Dirinya menilai, pemberdayaan wanita Indonesia tetap kudu diperjuangkan.

"Tantangan dan prestasi nan kita dapat bukan hanya untuk kita saja tapi untuk semua wanita Indonesia. Itu merupakan suatu cita-cita, nan saya rasa bukan hanya cita-cita Ibu Kartini saja, tapi cita-cita semua wanita Indonesia," katanya.

Secara khusus, Puan mengaku bangga dengan arena Kartini Award, nan mengangkat kesuksesan para wanita Indonesia, termasuk para pemimpin perempuan.

"Karena menempatkan wanita di suatu posisi itu bukan hanya afirmatif alias perihal nan biasa tapi gimana kita sama-sama menghormati dan menghargai harkat dan martabat manusia, nan sama antara wanita dan laki-laki, khususnya di Indonesia,"

"Hari ini, di aktivitas ini, kita dengan bangga bisa memandang dan mensyukuri perjuangan perempuan-perempuan Indonesia nan begitu luar biasa hebatnya," lanjut Puan.

Kartini Award 2024 nan diinisiasi Kartini Heritage Center berbareng CNN Indonesia merupakan arena penghargaan untuk para wanita Indonesia nan menginspirasi melalui beragam prestasi dan pencapaian di bidangnya masing-masing, mencakup bagian pemerintahan, politik, ekonomi dan bisnis, seni, pendidikan, teknologi, hingga sosial budaya.

Gelaran ini juga bermaksud memotivasi generasi muda dalam mengejar angan mereka untuk menjadi generasi terpilih dan pemimpin masa depan.

Sejumlah tokoh nan juga menerima Kartini Award, antara lain Ibu Negara Iriana Jokowi (Inspirational Women), Menteri Keuangan Sri Mulyani (Best Finance Minister), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Best Minister for Representing Indonesia in Global Diplomacy), dan Jurnalis Najwa Shihab (Influential Women).

Kemudian ada pula Founder CT Arsa Anita Ratnasari Tanjung (Notable Woman in Education Award), intelektual developer vaksin AstraZeneca Dr. Carina Joe, atlet voli Asian Para Games 2018 Nita Gusmita, Cinta Laura (Young Woman Inspiring Education Award), hingga perawat asal NTT Rosalinda Delin (Social Culture Dedication Award).

Kartini Award 2024 juga memberikan penghargaan Lifetime Achievement untuk mendiang Mooryati Soedibyo.

(rea/rir)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional