Ramai Isu Dwi Kewarganegaraan, Yasonna Ingin Tiru Skema OCI di India

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 12 Jun 2024 19:05 WIB

Menkumham Yasonna menilai skema Overseas Citizenship of India (OCI) bisa jadi alternatif. Menkumham Yasonna menggagas penerapan skema Overseas Citizenship of India (OCI) dalam merespons rumor dwi kebangsaan bagi diaspora Indonesia. (CNN Indonesia/Khaira Ummah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menggagas penerapan skema Overseas Citizenship of India (OCI) dalam merespons rumor dwi kebangsaan bagi diaspora Indonesia. Menurutnya, skema OCI bisa jadi alternatif.

"Bergulir kembali pentingnya dwi kebangsaan tapi dengan model OCI, Overseas Citizenship of India nan dipakai India. Kita mau menerapkan model seperti itu," kata Yasonna dalam rapat dengan Komisi III, kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (12/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan ketentuan OCI, skema ini memungkinkan diaspora India mempunyai kewenangan nan sama dengan penduduk negara India, selain kewenangan politik seperti memilih dan dipilih sebagai pejabat dalam pemerintahan.

Yasonna menyebut kebijakan itu untuk mengakomodasi diaspora Indonesia nan mau kembali ke tanah air dengan niat untuk membangun bangsa.

"Dia dapat mempunyai visa seumur hidup multiple entry, tapi tak mempunyai kewenangan politik, tidak boleh memilih, dipilih, tidak boleh mempunyai jabatan-jabatan publik seperti model India begitu," ucap dia.

Pada kesempatan itu, Yasonna pun menjelaskan Indonesia mempunyai argumen filosofis dan ideologis nan unik soal sistem kewarganegaraan.

Menurutnya, pokok dari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 menegaskan bahwa Indonesia menganut sistem kebangsaan tunggal.

"Secara jokes saya katakan, jika teman-teman diaspora Indonesia menginginkan dwi kewarganegaraan, maka perlu lagi sumpah pemuda jilid kedua," ujarnya.

Sebelumnya, wacana pemerintah memberikan dwi kebangsaan untuk diaspora Indonesia datang dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. 

Luhut berdasar kebangsaan diberikan bagi diaspora agar mereka mau pulang dan membantu membangun ekonomi Indonesia.

(mnf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional