Rano Karno Minta Dukungan 'Keluarga Si Doel' di Pilgub Jakarta

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon wakil gubernur Jakarta Rano Karno meminta "Keluarga Si Doel" untuk mendukungnya di kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

Rano Karno berjumpa dengan "keluarganya" di kediamannya nan berada di area Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Minggu (8/9).

Dalam pertemuan itu, Suti Karno nan berkedudukan sebagai Atun, Cornelia Agatha sebagai Sarah, Maryati sebagai Munaroh, dan beberapa kru belakang layar turut hadir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rano Karno menyebut "Keluarga Si Doel" sebagai para seniman Betawi nan turut menggerakkan kesenian tradisional Betawi agar tetap hidup.

"Mona, Munaroh, Mariati, ini seniman-seniman Betawi nan kebetulan memang berasosiasi kepada family Si Doel. Tapi, dasar utama mereka seniman-seniman tradisional," kata Rano Karno, dikutip dari detikcom.

"Teman-teman seniman tradisional mengerti gimana Si Doel ada. Itu nan mengantar, mungkin bahasanya, kesenian alias kebudayaan ini terus ada di tengah masyarakat," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, Rano Karno juga turut mengungkit soal peran Cornelia Agatha. Aktris pemeran Sarah dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu menjadi salah satu timses Pramono Anung-Rano Karno dalam Pilkada Jakarta 2024.

Tidak hanya itu, Rano Karno mengatakan "Sarah" juga mempunyai perhatian unik terhadap rumor anak di Jakarta.

"Kemudian Cornelia Agatha ini memang saya libatkan bukan hanya sebagai Sarah. Dia ini kan pemerhati anak. Dia apalagi ketua Komnas Anak DKI," ungkapnya.

"Apalagi saya perlu ini kan, belakangan kan maaf bullying, kekerasan di sekolah terjadi. Kebetulan dia tahu saya di Komisi X, jadi sudah selama ini kerja sama," tambahnya.

Rano Karno juga melibatkan Ahmad Zulhoir Mardia dan Suti Karno dalam tim pendukungnya. Masing-masing berkedudukan sebagai Kartubi dan Atun dalam sinetron legendaris itu.

"Atun" menitipkan pesan kepada "Si Doel" untuk memerhatikan kaum difabel di Jakarta, mengingat dirinya juga sekarang telah kehilangan satu kakinya.

"Nah, jika misal kayak Kartubi sama Atun, tentu ini kan janda Mas Karyo. Kasihan jika enggak diajak kerja, apalagi jika sudah begini. Dia ngingetin, 'Bang, ini disabilitas lu mesti prioritas'," ucap Rano Karno.

"Makanya kayak tadi, kita ke MRT, alhamdulillah lift ada, eskalator ada. Artinya, fasilitas, tapi memang belum terlalu banyak," imbuhnya.

Politisi sekaligus tokoh berumur 63 tahun itu mengatakan "Keluarga Si Doel" itu hanya berkedudukan untuk memberikan ide-ide kepada dirinya soal Jakarta.

Di sisi lain, Rano Karno mengatakan dia sudah mempunyai rencana untuk proyek movie Si Doel nan baru. Namun, lantaran ada tugas partai untuk maju di Pilkada, proyek tersebut menjadi terhalang.

"Nah, jika pemain terlibat dalam ide-ide saja. Jadi, sekali lagi, kenapa saya undang lantaran memang jujur, saya ada rencana untuk melanjutkan Si Doel. Skenario sudah selesai, tim mini sudah hunting letak sampai ke Belanda. Realita sekarang saya ada penugasan nan lain," ujarnya.

"Pasti sekarang ini saya memberikan tugas ke mereka tentang strategi. Ya, maaf, mungkin strategi kampanye. Tapi, mereka ini kan orang lapangan, kayak Munaroh, Tona, ini kan memang gedenya di empang. Istilahnya banyakan di panggung, di pelosok kota, jadi mudah untuk bicara," pungkas Rano Karno.

Pramono Anung-Rano Karno adalah salah satu dari tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur di Pilkada DKI 2024, selain Ridwan Kamil-Suswono dan paslon independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Ketiga paslon telah mendaftarkan secara resmi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta dengan penetapan calon resmi berjalan pada 22 September. Tahapan pilkada memasuki masa kampanye selama 25 September-23 November 2024.

Sementara, Pilkada untuk memilih gubernur, bupati, dan wali kota bakal diselenggarakan serentak seluruh wilayah pada 27 November 2024.

(pra)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional