Realisasi Anggaran untuk IKN Hingga Agustus Tembus Rp 18,9 Triliun

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Hingga akhir Agustus 2024, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk Ibu Kota Negara alias IKN Nusantara telah mencapai Rp18,9 Triliun. Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara memaparkan realisasi tersebut sudah mencapai 43,1 persen dari pagu nan ditetapkan. 

Anak buah Sri Mulyani itu mengatakan realisasi bakal meningkat setelah serah terima pekerjaan bentuk mencapai seratus persen. “Nanti serapan anggaran meningkat setelah akhir tahun,” ujar Suahasil dalam Konfrensi Pers APBN KiTa di Kementerian Keuangan, Senin 23 September 2024.

Pada 2024, pemerintah menetapkan porsi APBN untuk IKN sebesar Rp 44 triliun. Suahasil memaparkan dari anggaran nan sudah dialokasikan saat ini nan terbesar untuk klaster prasarana ialah Rp 16,2 triliun. Anggaran digunakan untuk pembangunan area Istana, area instansi kementerian koordinator dan kementerian lain, serta gedung OIKN.

Selain itu pemerintah juga mengejar pembangunan tower rumah susun ASN dan pertahanan dan keamanan, rumah tapak menteri, dan rumah sakit IKN. Lalu pembangunan jalan tol jembatan dan airport IKN.

Iklan

Untuk klaster non-infrastruktur memakai porsi Rp 2,7 triliun. Kegunaannya untuk operasional Otorita IKN. Lalu perencanaan, koordinasi hingga penyiapan pemindahan. Promosi, publikasi dan sosialisasi IKN, aktivitas pemantauan dan pertimbangan serta support pengamanan Polri.

Sejak 2022 hingga saat ini, Suahasil mengatakan IKN telah menghabiskan anggaran sebesar Rp 76,5 triliun. Rinciannya adalah Rp 5,5 triliun pada 2022, Rp 27 triliun pada 2023, dan Rp 44 triliun nan ditargetkan pada 2024.

Pilihan editor: 6 Juta Data NPWP Bobol Termasuk Data Pajak Jokowi, Begini Tanggapan Pegiat Keamanan Siber Ciberity

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis