Rencana Pertemuan Prabowo-Mega: 17 Oktober hingga Opsi di Batu Tulis

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Rencana pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kian santer terdengar.

Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan pertemuan Prabowo dan Mega bakal lebih cocok jika digelar pada 17 Oktober 2024. Hari itu merupakan ulang tahun Prabowo ke-73.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Lebih relevan lagi (pertemuan Prabowo dan Megawati dilakukan saat ulang tahun Prabowo 17 Oktober)," kata Muzani kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (9/10).

Namun, dia mengatakan pertemuan kedua tokoh itu tidak kudu dipaksakan sebelum pelantikan presiden pada 20 Oktober 2024. Muzani menyebut silaturahmi Prabowo dan Mega tetap relevan dilakukan sebelum alias setelah pelantikan.

"Silaturahmi kapan saja relevan. Lagi dicocokkan waktunya. Lebih sigap lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto berambisi pertemuan Prabowo dengan Megawati dapat terwujud sebelum pelantikan presiden-wakil presiden pada 20 Oktober. Ia menyebut pertemuan Prabowo-Megawati adalah perihal nan baik dan telah dikomunikasikan secara intensif.

"Komunikasi secara intensif sudah dilakukan, tinggal menunggu momentum nan tepat. Tentu saja momentum nan tepat itu diharapkan sebelum pelantikan Pak Prabowo sebagai presiden," kata Hasto di Blitar, Jawa Timur, Senin (7/10).

Ia menyebut terdapat sejumlah opsi tempat nan tengah dipertimbangkan untuk pertemuan Mega dan Prabowo. Lokasi-lokasi itu mengandung nilai historis antara kedua tokoh tersebut.

Ia pun membantah berita nan menyebut rencana pertemuan Prabowo dan Megawati tak kunjung menemukan tanggal lantaran kedua belah pihak kesulitan mencari letak pertemuan.

"Banyak tempat nan juga secara historis, bisa di Kebagusan, bisa di Teuku Umar, bisa di Istana Batu Tulis. Kalau kita lihat ya beragam tempat nan bisa dilakukan," tutur Hasto di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (9/10).

Istana Batu Tulis merupakan tempat nan pernah menjadi deklarasi Megawati dan Prabowo saat maju sebagai pasangan apda Pilpres 2009.

Terakhir, tempat itu menjadi letak saat nama Ganjar Pranowo diumumkan maju di Pilpres 2024. Sedangkan Kebagusan dan Teuku Umar merupakan kediaman Megawati.

Lebih lanjut, Hasto menegaskan kedua tokoh itu mempunyai legitimasi nan kuat secara historis untuk bertemu. Ideologi kedua partai juga sejalan.

"Bahkan komunikasi politik kan sudah dijalankan," kata Hasto.

"Bagaimana Bu Megawati dan Pak Prabowo pernah bersama-sama, dan keduanya saling menghormati sebagai pemimpin. Kemudian dalam perspektif platform partai juga ada banyak kesesuaian," imbuhnya.

(tfq/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional