Hasto Respons Positif Wacana PDIP Gabung Kabinet Prabowo

Sedang Trending 2 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 10 Okt 2024 10:42 WIB

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut PDIP dan Prabowo Subianto punya hubungan historis dan kesamaan platform untuk negara. Sekjen PDIP Hasto Kristyanto menyatakan keputusan partai berasosiasi alias berada di luar pemerintahan Prabowo Subianto, sepenuhnya kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (CNNIndonesia/Farida Noris)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto merespons positif wacana partainya bakal masuk dalam kabinet pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Menurut Hasto, PDIP hingga sekarang belum mengambil keputusan untuk berasosiasi alias berada di luar pemerintah. Dia mengatakan keputusan tersebut sepenuhnya kewenangan Megawati Soekarnoputri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Untuk masuk di Kabinet, ini kan merupakan keputusan strategis nan kudu melalui pertimbangan matang," kata dia usai mengisi kuliah Kebangsaan di Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara, Jakarta, Rabu (9/10).

Menurut Hasto, partai dan Ketua Umum kudu terlebih dulu mendengar bunyi akar rumput partai. Namun, dia menilai dari beragam aspek, baik historis, platform, maupun gambaran masa depan, PDIP berhubungan baik dengan Prabowo.

"Tetapi posisi dan politik dari PD Perjuangan, terutama aspek historical, platform, dan juga gambaran masa depan, kan hubungannya melangkah baik dengan Pak Prabowo," katanya.

Hasto menyebut apapun keputusan PDIP untuk berada di luar alias di dalam diambil demi kebaikan bangsa. Menurut dia, PDIP bakal memerankan kegunaan kontrol dan check and balances bagi pemerintahan ke depan.

Sementara itu, Hasto belum bicara tegas soal berita menteri PDIP nan bakal ikut berasosiasi dalam kabinet ke depan. Namun, dia meyakini jika ada kader partainya nan berasosiasi dalam kabinet ke depan, perihal itu lantaran nan berkepentingan mempunyai kapabilitas untuk membenahi tata kelola pemerintahan.

"Bahwa ada kader-kader PD Perjuangan nan dinilai, itu mempunyai kualifikasi lantaran keahlian profesionalnya di dalam tata pemerintahan nan baik," katanya.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani sebelumnya mengonfirmasi bakal ada jatah di kabinet buat PDIP andaikan jadi masuk koalisi pemerintahan terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming untuk periode 2024-2029.

Muzani belum mengungkap nama maupun posisi kementerian untuk PDIP. Pada kesempatan itu, Muzani mengonfirmasi bahwa Prabowo sudah memanggil sebagian nama-nama menterinya.

"Insya Allah ada," kata Muzani di kompleks parlemen saat ditanya soal jatah calon menteri dari PDIP di dalam kabinet Prabowo, Jakarta, Rabu (9/10).

(thr/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional