Respons Aksi Demo, Kantor KPU RI Dipasang Beton dan Kawat Berduri

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 23 Agu 2024 10:31 WIB

Aparat kepolisian memasang barrier beton nan dilengkapi kawat berduri di depan instansi KPU RI di Jakarta Pusat, Jumat (23/8). Kantor KPU dipasangi barrier beton respons tindakan demo RUU Pilkada. (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Aparat kepolisian memasang barrier beton nan dilengkapi kawat berduri di depan instansi KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Barier beton terlihat terpasang memanjang di antara dua arah Jalan Imam Bonjol. Tampak juga sejumlah kendaraan taktis di sekitar lokasi.

Selain itu sejumlah personel kepolisian terlihat berjaga di beberapa titik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arus lampau lintas di Jalan Imam Bonjol baik dari arah Bundaran Hotel Indonesia ke instansi KPU maupun dari arah Taman Suropati ke instansi KPU ditutup.

Sebelumnya, ada rencana tindakan nan bakal digelar oleh Partai Buruh di KPU RI pada hari ini. Belakangan, Partai Buruh menunda tindakan tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo mengatakan ada sekitar 1.293 personel nan disiagakan di Kantor KPU hari ini.

Aksi dari beragam komponen masyarakat di beragam wilayah muncul sejak Kamis (22/8) lalu.

Aksi ini merupakan buntut sikap pemerintah dan DPR nan telah menganulir putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perubahan syarat pencalonan kepala daerah. RUU Pilkada nan dibahas DPR tak mengakomodir putusan MK tersebut.

Kemarin malam, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengumumkan bahwa DPR batal menggelar sidang paripurna pengesahan revisi UU Pilkada lantaran syarat kuorum tidak terpenuhi.

Dasco kemudian mengatakan bahwa tidak cukup waktu untuk kembali menggelar paripurna, lantaran pendaftaran Pilkada 2024 bakal dimulai pada 27 Agustus mendatang, sehingga syarat pencalonan Pilkada nan digunakan bakal mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

(yoa/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional