Ridwan Kamil Janji Atasi Polusi Udara di Jakarta Bila Terpilih

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) berjanji bakal konsentrasi dalam penyelesaian masalah polusi udara di Jakarta jika terpilih dalam Pilgub Jakarta 2024.

RK mengatakan polusi udara menyebabkan jangkitan saluran pernapasan akut (ISPA). Menurutnya seringkali rumah sakit penuh dengan pasien keluhan penyakit tersebut.

"Kita komit dalam visi misi kesehatan juga perbaikan kesehatan, apalagi polusi," kata RK di RSUD Tarakan, Jakarta, Sabtu (31/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kita dengar ya seringkali RS penuh dengan ISPA lantaran aspek polusi. Nanti kami bakal konsentrasi untuk penyelesaian kesehatan udara, bagian dari prioritas kelak jika terpilih," lanjutnya.

"Sehingga mudah-mudahan penduduk Jakarta jauh lebih sehat dimulai dari pemimpin-pemimpin," kata Ridwan Kamil.

Jakarta sudah berulang kali masuk jejeran puncak kota terpolusi di bumi jenis IQAir. Kadar PM2.5 di udara Jakarta nan menunjukkan polutan debu, jelaga, dan asap seringkali jauh di atas periode pemisah sehat.

Bahkan pada Agustus 2023, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan tercatat kasus ISPA di Jabodetabek rata-rata mencapai 200 ribu per bulan akibat polusi.

Namun pada September 2023, Dinas Kesehatan Jakarta menyatakan kasus ISPA menurun seiring dengan langkah pemerintah menurunkan polusi udara.

Dinkes Jakarta menyebut kebijakan bekerja dari rumah alias work from home (WFH) cukup efektif untuk mengendalikan kadar polusi udara nan berpengaruh pada penurunan jumlah kasus ISPA dan pneumonia.

RK dan pasangannya Suswono pada Sabtu (31/8) menjalani tes kesehatan di RSUD Tarakan. Tes kesehatan adalah salah satu tahapan nan dilalui usai mendaftar sebagai bakal pasangan calon di Pilgub Jakarta.

Ada tiga pasangan nan telah mendaftar. Pertama, pasangan Pramono Anung-Rano Karno nan diusung PDIP dan Hanura. Jika ditotal, persentase bunyi PDIP dan Hanura sebesar 14,46 persen.

Kedua, pasangan Ridwan Kamil-Suswono nan diusung 14 partai ialah Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, Garuda dan PKN. Akumulasi bunyi 14 partai ini sekitar 83,46 persen.

Sementara pasangan nan terakhir mendaftar adalah Dharma Pongrekun-Kun Wardana nan maju lewat jalur perseorangan alias independen.

Pasangan Pramono-Rano telah menjalani tes kesehatan pada Jumat (30/8). Sementara Dharma-Kun bakal menjalani tes kesehatan pada Minggu (1/9)

(end)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional