Ridwan Kamil Kode Keras Berpasangan dengan Suswono di Pilkada Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Penajam Paser Utara, CNN Indonesia --

Politikus Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) memberi kode bakal maju berbareng Ketua Majelis Pertimbangan Pusat Partai Keadilan Sejahtera Suswono dalam Pilkada Jakarta 2024, seperti nan sudah ramai beredar belakangan ini.

Namun, RK tetap enggan menyebut nama calon pasangannya secara gamblang di Pilkada Jakarta. Ia hanya memastikan Koalisi Indonesia Maju (KIM) bakal mengumumkan kepastian dirinya maju di Pilkada Jakarta pada Senin (19/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kurang lebih sama lah [Suswono]. Kan wartawan sudah tau," kata RK di Halaman Istana Negara, IKN ujarnya ketika ditanya mengenai kemungkinan maju berbareng politikus PKS Suswono, Sabtu (17/8).

RK telah diusung oleh KIM di Pilkada Jakarta 2024. Belakangan rumor KIM Plus di Jakarta pun menguat. Beberapa parpol di luar KIM nan bakal berasosiasi ke koalisi di antaranya PKS dan NasDem.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu juga menyatakan bakal banyak parpol nan mengusungnya untuk kontestasi politik Jakarta.

"Hari Senin (19/8), deklarasi lusa ya. Nanti tunggu tanggal mainnya," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

Terpisah, PKS juga memberikan sinyal positif deklarasi RK dan Suswono pada 19 Agustus. Jubir PKS Muhammad Kholid mengatakan komunikasi dengan KIM soal Pilkada Jakarta 2024 melangkah baik dan mulai menemui titik terang.

Ia menyatakan KIM meminta PKS untuk mengirim kadernya sebagai pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024. Sehingga, deklarasi direncanakan berjalan awal pekan depan.

"Sudah mulai ada titik terang. Hingga saat ini, Insyaallah cagub usulan KIM adalah Ridwan Kamil (RK) dan cawagub nan diminta untuk mendampinginya dari PKS." kata Kholid dalam keterangan tertulis, Sabtu, (17/8).

"Progressnya alhamdulilah bagus, dan jika tidak ada aral melintang, kemungkinan bakal diumumkan dalam waktu dekat, ialah 19 Agustus mendatang," sambungnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra menyebut KIM telah sepakat mengusung Ridwan Kamil berbareng kader PKS Suswono sebagai cagub-cawagub untuk maju Pilkada Jakarta 2024.

Dasco juga menyebut pasangan tersebut bakal diumumkan pada 19 Agustus.

"Iya (RK-Suswono), dan bakal diumumkan tanggal 19 Agustus," kata Dasco di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (16/8) saat ditanya apakah pasangan RK-Suswono nan bakal diusung.

Jika pasangan tersebut betul diusung maka wacana KIM Plus bukan rumor belaka. KIM bakal menambah amunisi baru berbareng PKS nan dulu tergabung berbareng Koalisi Perubahan di Pilpres 2024.

(mab/chri)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional