Risma Sudah Temui Jokowi di Istana tapi Belum Mundur dari Kabinet

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 30 Agu 2024 10:49 WIB

Menteri Sosial Tri Rismaharini belum mengundurkan diri dari kabinet meskipun sudah menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (30/8) pagi. Menteri Sosial Tri Rismaharini belum mengundurkan diri dari kabinet Jokowi, Jumat (30/8/2024). (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Sosial Tri Rismaharini belum mengundurkan diri dari kabinet meskipun sudah menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (30/8) pagi.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Risma sudah menghadap Jokowi sekitar 08.30 WIB. Namun, belum ada surat pengunduran diri dari Risma.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sampai dengan saat ini, Ibu Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial," kata Ari melalui keterangan tertulis, Jumat (30/8).

Risma melapor soal keputusannya mencalonkan diri di Pilgub Jawa Timur. Jokowi, kata Ari, menghormati keputusan politik anak buahnya tersebut.

Meski demikian, Ari mengatakan UU Pilkada tidak mewajibkan menteri untuk mundur jika mencalonkan diri sebagai kepala daerah. Pengunduran diri diserahkan kepada masing-masing menteri.

"Keputusan untuk mundur dari kedudukan tersebut menjadi kewenangan alias pilihan pribadi nan berkepentingan nan patut dihormati," ujar Ari.

Sebelumnya, Tri Rismaharini mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Timur dengan support PDIP. Dia menggandeng Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans sebagai calon wakil gubernur.

Risma mengatakan rencana pengunduran diri dari kabinet setelah mendaftar ke KPUD Jawa Timur.

"Memang di patokan tidak diatur, tapi saya bakal mengundurkan diri. Dan itu kewenangan beliaunya saya diberikan mundur alias tidak," Risma di sela-sela kunjungan makam Mbah Bungkul di Surabaya, Kamis (29/8).

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional