RK-Suswono Resmi Didukung 15 Partai, Anies Gagal Maju Pilkada Jakarta

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 28 Agu 2024 14:45 WIB

Anies Baswedan dipastikan kandas maju di Pilkada Jakarta usai Ridwan Kamil-Suswono resmi terdaftar di Pilgub 2024 dengan didukung 15 partai. Ridwan Kamil dan Suswono resmi terdaftar sebagai Cagub Cawagub di Pilkada Jakarta 2024. (CNN Indonesia/ Adi Ibrahim)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pasangan Ridwan Kamil (RK)-Suswono resmi mendaftarkan diri ke KPUD sebagai calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) di Pemilihan Gubernur alias Pilgub Jakarta 2024. Ini membikin peluang Anies Baswedan di Pilkada Jakarta tertutup lantaran tak ada lagi parpol nan punya cukup bunyi untuk mengusungnya.

Pendaftaran pasangan ini resmi didukung dan dihadiri perwakilan dari 15 partai politik ialah PKS, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai NasDem, PKB, PSI, Partai Demokrat, PAN, Partai Garuda, Partai Gelora, Perindo, PPP, PBB, Prima dan PKN.

Nama-nama parpol pengusung RK-Suswono ini dibacakan sekaligus diabsen kehadiran pengurusnya oleh Ketua KPU Daerah DKI Jakarta Wahyu Dinata.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum RK-Suswono, pasangan Pramono Anung-Rano Karno juga sudah resmi terdaftar sebagai Cagub dan Cawagub di Pilkada Jakarta 2024. Pasangan ini resmi didukung dan dihadiri oleh 2 partai ialah PDIP dan Hanura.

Hingga Rabu (28/8) pukul 14.30 Wib, sudah ada dua pasang calon nan terdaftar di KPUD sebagai calon kepala wilayah Jakarta 2024. 

Sejauh ini hanya Partai Buruh nan baru menyatakan support untuk Anies di Pilgub Jakarta. Hanya tersisa satu partai non-parlemen di Jakarta nan belum menyatakan sikap support ialah Partai Ummat. 

Sebelumnya, RK menyebut dirinya dan semua partai pengusung bercita cita membangun Indonesia melalui Jakarta dengan rasa persatuan.

RK menyebut 15 partai pengusungnya adalah koalisi persatuan untun Jakarta nan baru. Sebab, menurutnya, Jakarta kudu didefinisikan dan diimajinasikan ulang setelah bukan lagi menjadi ibukota Indonesia.

(yoa/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional