Sandiaga Nilai Bandara IKN Layak Digunakan: Pendaratan Perdana Mulus

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menilai bahwa kegunaan landasan pacu di airport very very important person (VVIP) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, nan berjulukan Nusantara Airport telah layak dipergunakan.

Hal itu, dirasakan Sandiaga usai melakukan pendaratan pertama berbareng Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menghadiri agenda groundbreaking atau peletakan batu pertama D'prima Hotel Nusantara di IKN pada Rabu, 25 September 2024. "Pendaratan perdana mulus, menurut Presiden Jokowi runway sudah dapat dipakai. Dan saya berbareng pak Menhub," ucapnya di Tangerang, Kamis, 26 September 2024.

Ia mengungkapkan, ketika ketibaannya di Nusantara Airport, sejumlah akomodasi perlengkapan Bandara udara seperti tempat parkir pesawat sudah nyaris rampung untuk digunakan. "Apron sudah nyaris selesai," sebutnya.

Dia menyampaikan, dengan nyaris selesainya pembangunan Bandara IKN nan telah dilakukan uji laik kegunaan oleh Kementerian Perhubungan tersebut diharapkan dapat segera digunakan pada akhir tahun ini. "Diharapkan keseluruhan bisa diselesaikan pada Desember 2024," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melakukan proses kalibrasi Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum siap dioperasikan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penerbangan misi kalibrasi dilakukan pada Selasa, 10 September, sebagai tindak lanjut penyelenggaraan verifikasi Bandara Nusantara nan dilakukan pada 8-9 September 2024.

Iklan

Kemudian, tahapan pengetesan kegunaan airport di IKN dilanjutkan dengan mencoba mendaratkan pesawat Boeing 777-300ER seperti jenis pesawat kepresidenan. Selain kalibrasi, dilaksanakan pula penerbangan pengesahan prosedur terbang dengan Perfomance Base Navigation (PBN). Selanjutnya, Kemenhub bakal melakukan sejumlah asesmen lainnya sebelum mengeluarkan rekomendasi untuk ditindaklanjuti pengelola bandara.

Proses pembangunan Bandara Nusantara sendiri terus berjalan dengan perkembangan nan cukup signifikan. Runway nan tersedia sekarang sudah mencapai 2.200 x 30 meter. Sementara itu, pembangunan terminal VVIP telah mencapai lebih dari 90 persen, sedangkan untuk terminal VIP telah rampung nyaris 80 persen.

Fasilitas penunjang berupa tower ATC, gedung manajemen dan operasional serta Gedung PKP-PK juga terus dikebut pembangunannya. Adapun untuk jalan akses utama airport telah nyaris siap 100 persen, dimana nantinya bakal menunjang akses dari dan menuju bandara. Secara keseluruhan, memandang progres pekerjaan, Menhub optimis Bandara Nusantara selesai dibangun pada 31 Desember 2024.

Pilihan EditorKubu Arsjad Rasjid Minta Pengadilan Batalkan Hasil Munaslub, Anindya Bakrie: Itu Forum Tertinggi Kadin 

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis