Satgas Cartenz: KKB Tembak Mati Pekerja di Intan Jaya Papua Tengah

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 14 Agu 2024 12:23 WIB

Kepala Operasi Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani menyebut penembakan terjadi pada Selasa (13/8) sore oleh golongan Kodap VIII Intan Jaya. Pasukan TPNPB-OPM Kodap VIII Intan Jaya. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) disebut menembak meninggal seorang pekerja proyek di Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua Tengah. (Foto: Arsip Istimewa)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dilaporkan menembak meninggal satu pekerja proyek Tigi Jaya Permai (TJP) berjulukan Raimon Gustam Kailimang di Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua Tengah.

Kepala Operasi Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani menyebut penembakan terjadi pada Selasa (13/8) sekitar pukul 14.55 WIT. Ia menyebut penembakan dilakukan oleh golongan Kodap VIII Intan Jaya ketua Lewis Kogoya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Korban mengalami luka serius, diantaranya luka tembak di kepala nan menembus dari telinga kiri ke telinga kanan, luka tembak di lengan kanan, dan luka tembak di dada kanan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/8).

Sementara itu Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz Kombes Bayu Suseno mengatakan penembakan terjadi ketika korban berbareng rekannya Robi Belau sedang menuju wilayah sungai untuk mengambil air.

Setibanya di letak kejadian, kata dia, keduanya langsung turun dari kendaraan dan hendak mengeluarkan selang untuk menyedot air dari sungai. Akan tetapi, Bayu menyebut mereka langsung didekati oleh personil KKB nan sudah lebih dulu berada di lokasi.

"Pelaku diidentifikasi sebagai personil KKB Kodap VIII Intan Jaya, Lewis Kogoya. Berdasarkan keterangan saksi dan hasil identifikasi foto, pelaku menembak korban dari jarak sekitar satu meter," jelasnya.

Di sisi lain, Bayu mengatakan saksi Robi Belau nan turut berada di letak juga mengalami tindakan pemukulan sebelum akhirnya melarikan diri ke arah Gunung Wabuk.

Lebih lanjut, dia menambahkan saat ini saksi telah sukses dievakuasi dan tengah menjalani pemeriksaan oleh tim interogator Operasi Damai Cartenz dan Polres Intan Jaya untuk pendalaman.

Bayu menegaskan korban Raimon Gustam tersebut merupakan penduduk sipil nan tengah bekerja untuk proyek pembangunan, bukan mata-mata seperti nan dicurigai oleh KKB.

"Jenazah korban telah dievakuasi oleh Satgas Tindak Ops Damai Cartenz dan Satgas 509/BY ke Puskesmas Sugapa dan direncanakan bakal dikirim ke Makasar Kampung halamanya pada rabu 14 Agustus 2024," pungkasnya.

(tfq/wis)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional