Satgas Damai Cartenz Tangkap Anggota KKB Anak Buah Egianus Kogoya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 17 Agu 2024 15:59 WIB

DPO nan ditangkap Satgas Cartenz adalah personil KKB Nduga di bawah Egianus Kogoya dan terlibat dalam beragam tindakan pidana di Kabupaten Yahukimo hingga Nduga. Ilustrasi. DPO nan ditangkap Satgas Cartenz adalah personil KKB Nduga di bawah Egianus Kogoya dan terlibat dalam beragam tindakan pidana di Kabupaten Yahukimo hingga Nduga. (Unsplash/Pixabay)

Jakarta, CNN Indonesia --

Tim Gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz-2024 dilaporkan seorang DPO Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berjulukan Rife Kerebea, namalain Erik namalain Trisna Telenggen, di Kabupaten Nduga, Papua Tengah, Sabtu (17/8).

Kepala Operasi Damai Cartenz-2024, Brigjen Faizal Ramadhani membenarkan penangkapan tersebut. Ia menjelaskan Rife Kerebea adalah personil KKB Nduga nan dipimpin oleh Egianus Kogoya dan terlibat dalam beragam tindakan pidana di Kabupaten Yahukimo dan Nduga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"DPO KKB Nduga Rife Kerebea Alias Erik Alias Trisna Telenggen, merupakan KKB Nduga ketua Egianus Kogoya dan terlibat dalam sejumlah tindakan pidana nan terjadi di Kabupaten Yahukimo dan juga Kabupaten Nduga," kata Faizal dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Bayu Suseno menambahkan penangkapan itu dilakukan berasas laporan polisi LP/B/47/X/2023/SPKT/POLRES YAHUKIMO/POLDA PAPUA, tanggal 16 Oktober 2023, tentang pembunuhan masyarakat pendulang emas di Kali EI, Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo.

Serta Daftar Pencarian Orang (DPO) Nomor: DPO/30/XI/2023/Reskrim, tanggal 08 November 2023.

"Penangkapan dilakukan setelah Tim Gabungan dari sukses mengetahui keberadaan DPO KKB tersebut di Kabupaten Nduga. Tim bergerak sigap pada pagi buta dan sukses menangkap Rife Kerebea serta membawanya ke Posko Ops Damai Cartenz-2024 di Polres Nduga untuk pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Bayu menjelaskan Rife di antaranya terlibat pembunuhan penduduk pendulang emas 16 Oktober 2023. Selain itu, terlibat pencurian senjata api personil Brimob di Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, pada 18 Juni 2022 dan tindakan lainnya.

Ia mengatakan Rife Kerebea pernah tergabung dalam KKB ketua Egianus Kogoya dan bermarkas di area Kampung Alguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga.

Rife disebut bekerja memantau pergerakan aparat, membantu mendistribusikan logistik ke markas dan pos-pos pantau KKB, serta sering memberikan saran kepada golongan KKB.

"KKB Nduga Rife Kerebea Alias Erick Alias Trisna Telenggen juga mempunyai peran krusial dalam golongan KKB Kodap III Ndugama nan dipimpin Egianus Kogoya," kata Bayu.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional