Scoot Bersiap Buka Penerbangan Rute Majalengka-Singapura

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Bandung - Maskapai Scoot membuka jasa penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, menuju Singapura mulai 28 September 2024. "Masuknya penerbangan Scoot diharapkan menjadi momen kebangkitan Bandara Kertajati, mengingat airport ini mempunyai akomodasi nan sudah sangat mumpuni," kata Direktur BIJB Muhammad Singgih, dikutip dari keterangannya, Selasa, 27 Agustus 2024.

Singgih mengatakan, tersedia promo tiket untuk penerbangan perdana Scoot nan melayani rute Majalengka-Singapura. Tiket promo dibanderol seharga Rp 450 ribu dan sudah dapat dipesan mulai 6 Agustus 2024.  

BIJB juga menyiapkan tiket jasa shuttle travel cuma-cuma dari dan menuju Bandara Kertajati. Tiket shuttle travel cuma-cuma nan disediakan sebanyak 3.014 lembar, dari jumlah itu 1.360 disediakan oleh Scoot nan bertindak hingga akhir Desember 2024. Tiket shuttle travel cuma-cuma tersebut dapat diperoleh dengan menunjukkan boarding pass alias tiket pesanan penerbangan dari  dan menuju Bandara Kertajati.

Layanan penerbangan Majalengka-Singapura menjadi rute internasional kedua di Bandara Kertajati. Sebelumnya maskapai Air Asia telah membuka jasa penerbangan internasional nan menghubungkan Majalengka-Kuala Lumpur.

Singgih mengatakan, penambahan jasa penerbangan internasional di Bandara Kertajati diharapkan menjadi titik awal dibukanya jasa penerbangan langsung (direct) lainnya ke beragam negara di dunia. “Harapan kami dengan ada penerbangan dari Scoot dapat menjadi pembuka untuk penerbangan umrah dan penerbangan direct ke Timur Tengah," kata dia.

Iklan

Singgih menyatakan Bandara Kertajati mempunyai rekam jejak bagus lantaran pada musim haji tahun ini menjadi embarkasi dan debarkasi resmi jasa penerbangan haji dengan kode penerbangan KJT. Ia berambisi penambahan rute penerbangan internasional tersebut bakal menggairahkan sektor pariwisata area Pantura seperti Cirebon, Majalengka, Kuningan, dan Indramayu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan, Bandara Kertajati diharapkan dapat meningkatkan konektivitas tidak hanya bagi Jawa Barat tapi juga Jawa Tengah. “Penerbangan langsung ke Singapura ini tidak hanya membuka akses perjalanan penduduk Jabar saja, tapi penduduk Jateng sekitar pantura seperti Kabupaten Brebes dan sekitarnya,” kata dia, dalam keterangannya, Selasa, 27 Agustus 2024.

Benny mengatakan, Bandara Kertajati juga didukung oleh keberadaan Tol Trans Jawa nan memudahkan akses dari wilayah Jawa Tengah menuju Majalengka. Sementara penduduk Bandung Raya bisa memanfaatkan Tol Cisumdawu menuju Bandara Kertajati. "Masyarakat sekarang semakin mudah jika mau berpergian ke Singapura, untuk berwisata, berobat, perjalanan bisnis, alias sekolah di Singapura," kata Benny.

Pilihan editor: Sederet Fakta Bandara IKN nan Jadi Syarat Kepindahan Jokowi ke Nusantara

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis