Sebulan Menjelang HUT RI, Erick Thohir Beberkan Kesiapan Pasokan Listrik dan Gas di IKN

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan sejumlah perusahaan pelat merah siap memasok kebutuhan energi, baik listrik dan gas, untuk kantor-kantor pemerintahan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikan Erick usai mengecek kesiagaan perusahaan-perusahaan negara dalam memenuhi beragam akomodasi penunjang utama untuk penyelenggaraan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang di ibu kota baru itu.

"Alhamdulillah, penugasan krusial nan diberikan Presiden Joko Widodo kepada kementerian dan perusahaan-perusahaan BUMN untuk menyiapkan beragam akomodasi krusial dan utama untuk kantor-kantor pemerintahan di IKN, hingga saat ini sesuai jadwal," kata Erick melalui keterangan di Jakarta, Sabtu, 29 Juni 2024, seperti dikutip dari Antara.

Ia mencontohkan, Istana Presiden, rumah tapak kedudukan menteri, hingga instansi kementerian koordinator 3 dan 4 telah dipasok jaringan listrik dari PLTS dan jaringan gas. Kesiapan itu juga untuk menyambut penyelenggaraan HUT ke-79 Kemerdekaan RI nan pertama kali di IKN.

"Dengan waktu tersisa, sekitar sebulan lebih, kunjungan ini berbareng para Dirut dan Wadirut BUMN untuk memastikan semua akomodasi nan menjadi tanggung jawab kami bisa selesai tepat waktu," tutur Erick.

Saat meninjau IKN pada Sabtu kemarin, rombongan Kementerian BUMN mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Training Center PSSI, Kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), dan Istana Presiden berikut lapangan di depan Istana nan bakal menjadi letak upacara 17 Agustus mendatang.

Erick berambisi PLN baik melalui PLTS ataupun gardu induknya bakall bisa memasok listrik, tak hanya untuk kebutuhan daya total di letak upacara HUT Kemerdekaan, tapi juga memastikan pasokan listrik interkoneksi di Kalimantan juga aman.

"Begitu pula jaringan telekomunikasi nan menjadi tanggung jawab Telkom. Bagaimana kesiapan jasa dan infrastruktur, sehingga aktivitas HUT RI nan berjalan di IKN dan Jakarta bisa berjalan paralel," kata Ericl. "Termasuk siaran langsung melalui TV pool dan konsep aktivitas nan interaktif komunikasi melangkah lancar."

Iklan

Adapun unik untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI, PLN siap menggunakan PLTS di IKN untuk mensuplai listrik sebanyak 10 megawatt (MW) dari kapabilitas sebesar 50 MW, Gas Insulated Substation (GIS) 150 KV dengan kapabilitas 2x60 MVA, jaringan transmisi, jaringan distribusi, dan 9 unit gardu hubung serta gardu distribusi.

Sementara itu, PLN siap menjamin keandalan back up supply berupa genset untuk kebutuhan daya total venue utama rangkaian upacara HUT RI sebesar 1,5 MW.

Sedangkan PT Telkom nan bertanggung jawab dalam urusan telekomunikasi telah menyiapkan jaringan Fixed Broadband (FBB) di 10 letak IKN dan Jakarta dengan total kapabilitas mencapai 200 Gbps serta 34 BTS Telkomsel untuk mobile broadband (2G, 4G, 5G) nan dapat melayani 35 ribu pengguna dengan keandalan prima.

Nantinya, dengan konsep aktivitas HUT RI nan berbarengan antara IKN dan Jakarta, Telkom juga bertanggung jawab memastikan penyelenggaraan TV pool berjalan mulus sehingga komunikasi interaktif antara Istana Presiden IKN dan Istana Merdeka Jakarta tidak mengalami kendala.

Berikutnya, keberadaan BUMN Karya ditugaskan dalam kesediaan beragam akomodasi bentuk untuk Istana Presiden nan sudah mencapai 77,9 persen dan Kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri nan terdiri dari 36 unit.

Pillihan Editor: Jokowi bakal Berkantor di IKN Juli, Pembangunan Istana Presiden Sudah 85 Persen

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis