Sederet Program Pemkab Kuningan untuk Pembelajaran Berbasis Lokal

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

Bandung, CNN Indonesia --

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan berkomitmen untuk mewujudkan misi menjadi kabupaten pendidikan melalui sejumlah program unggulan.

Salah satu penemuan nan diterapkan adalah penerapan Muatan Lokal (Mulok) Gunung Ciremai, ialah pembelajaran berbasis lokal mengenai dengan pengetahuan lingkungan hidup.

Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat sebagai inisiator program ini merasa bahwa generasi muda perlu dibekali pengetahuan soal lingkungan lantaran mereka adalah generasi penerus untuk turut memelihara dan melestarikan lingkungan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Siapa pun nan berguru di Kuningan mulai jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi bakal mendapat pembelajaran tentang Gunung Ciremai. Dengan langkah ini, diharapkan masyarakat bakal mengerti dan peduli gimana ngarawat, ngaruwat, ngarumat Gunung Ciremai," ujar Iip, seperti dikutip dari detikcom.

Selain itu, di area Gunung Ciremai juga terdapat situs-situs peninggalan budaya. Potensi ini juga nan saat ini menjadi perhatian Pemkab Kuningan untuk dikelola, dikembangkan, dan dilestarikan sehingga bisa menjadi bahan edukasi untuk semua masyarakat.

Sejauh ini, Kabupaten Kuningan telah sukses mencapai beragam sasaran krusial sesuai dengan rencana strategis.

Berkat support dari tim percepatan Kuningan menuju kabupaten pendidikan, nan sekarang telah mendorong upaya peningkatan kualitas pendidikan di semua jenjang dan menghasilkan perubahan signifikan dalam bumi pendidikan.

Program di bagian pendidikan ini membikin Kabupaten Kuningan meraih penghargaan di CNN Indonesia Awards. Ajang penghargaan keenam nan digelar CNN Indonesia ini berjalan di Trans Luxury Hotel Bandung, Selasa (17/9) malam.

Piala penghargaan untuk kategori Outstanding Educational Achievement ini diserahkan langsung oleh Direktur Transmedia, Warnedi, kepada Pj Bupati Kuningan Iip Hidayat.

Kabupaten Kuningan terletak di bagian timur Jawa Barat, kabupaten ini dikenal dengan keelokan alam dan potensi pertaniannya nan besar.

Kabupaten Kuningan berbatasan dengan Kabupaten Cirebon di utara, Kabupaten Brebes (Jawa Tengah) di timur, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Majalengka di selatan, serta Kabupaten Majalengka di barat.

Perekonomian Kabupaten Kuningan ditopang oleh beberapa sektor utama, seperti pertanian, pariwisata, industri mini dan menengah, perdagangan dan jasa

Sektor pertanian memang menjadi jagoan utama dengan komoditas unggulannya seperti padi, jagung, dan sayuran dari dataran tinggi.

Kabupaten Kuningan terus berupaya untuk mengembangkan potensinya sebagai wilayah agropolitan dan ekowisata, dengan tetap menjaga kelestarian alam dan kearifan lokal.

(avd/fef)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional