Selain untuk Jaga IKN, TNI AU Akan Tempatkan Radar di Papua hingga NTT

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 11 Jul 2024 01:55 WIB

Wakasau mengatakan radar bakal di tempatkan nantinya di sekitar wilayah IKN sehingga kelak bisa mem-back up pengawalan wilayah udara sekitar Nusantara. Ilustrasi pemantauan radar. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

TNI Angkatan Udara (AU) bakal menempatkan radar nan tengah dipesan untuk mengaver pemantauan wilayah udara di beragam wilayah Indonesia, termasuk area IKN Nusantara di Kalimantan.

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya Andyawan Martono Putra mengatakan sejauh ini, Indonesia memesan radar dari Thales, Prancis dan negara Eropa timur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sorong (Papua) juga kelak bakal salah satu tempat radar kita, cukup banyak kelak Sorong ada Jayapura, juga ada Tambolaka (NTT) ada wilayah Sumatera, ada komplit semuanya dan ada beberapa nan kelak mengganti radar-radar kita nan lama," kata Andyawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (10/7).

Selain di daerah-daerah itu, radar juga bakal ditempatkan untuk mengaver wilayah udara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

"Tentunya kelak tidak di IKN-nya, tapi sekitar IKN sehingga kelak bisa mem-back-up wilayah udara di sekitar IKN. Kita juga sudah punya perspektif pertahanan udara di sekitar IKN tidak hanya radar, tetapi itu ada penugasan pesawat di sana, air defense weapon ada di sana," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) meneken perjanjian jual beli dengan PT Len Industri (Persero) untuk pengadaan 13 unit sistem radar Ground Control Interception (GCI) GM-403 dari Thales, Prancis.

Selain itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga mengungkap soal rencana pembelian 12 radar dari Ceko.

Beberapa waktu lalu, Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Holding Defend ID, Bobby Rasyidin mengatakan wilayah udara IKN bakal di-cover dengan radar Ground Control Interception (GCI) GM-403.

Bobby menjelaskan ada 13 radar nan diproduksi oleh PT Len dan Thales, Prancis.

"Kita harapkan tahun ini, kita sudah bisa install sekitar 4 sampai 5 site radar terutama nan meng-cover IKN tadi ya. Jadi wilayah udara IKN itu kita bakal cover dulu. Sehingga threat nan ada di udara, nan datang dari udara itu bisa kita lakukan identifikasi," kata Bobby.

(yoa/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional