Seleksi Magang Merdeka Dibuka Mulai Hari Ini

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 07 Agu 2024 03:30 WIB

Kepala Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Wachyu Hari Haji mengatakan seleksi magang merdeka dan studi independen bakal dimulai Rabu (7/8). Kepala Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Wachyu Hari Haji mengungkapkan seleksi magang merdeka dan studi independen bakal dimulai hari ini, Rabu (7/8). (robarmstrong2/Pixabay)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Wachyu Hari Haji mengungkapkan seleksi magang merdeka dan studi independen bakal dimulai hari ini, Rabu (7/8).

"Besok mahasiswa bakal mulai seleksi. Baik magang alias studi independen," kata Wachyu kepada CNNIndonesia.com, pada Selasa (6/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wachyu menjelaskan seleksi dari mitra MSIB bermacam-macam. Ada nan diseleksi berasas kesesuaian program studi (prodi) nan diampu dengan posisi magang.

Kemudian, ada juga nan diseleksi dengan tes tertulis, wawancara hingga tes kesehatan. Dia menyebut sistem seleksi ditentukan oleh mitra MSBI alias perusahaan.

Wachyu mengungkapkan setiap mahasiswa mempunyai kesempatan untuk melamar maksismal ke 22 perusahaan. Jika mahasiswa tersebut diterima lebih dari satu perushaan, maka kudu memilih.

"Pastikan kelak jika diterima bisa jadi mahasiswa itu bakal mendapatkan offering banyak. Dia kudu memilih nan paling disukai alias diminati lantaran pada saat memilih satu, nan lain statusnya langsung lenyap alias rejected," jelas dia.

Untuk offering mahasiswa oleh mitra seperti dijadwalkan bakal diumumkan pada 21 Agustus-4 September 2024.

Wachyu mengatakan mahasiswa mempunyai kesempatan untuk menerima alias menolak offering dengan ketentuan waktu 3 x 24 jam.

"Kalau dia tidak merespons maka seterusnya bakal hilang. nan statusnya offering jadi tidak ada. Pastikan mahasiswa menyiapkan diri untuk itu," ucapnya.

Sebelumnya, program MSIB diisukan bakal disetop. Namun, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk semester genap tahun akademik 2024/2025 tetap berjalan.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Abdul Haris menyatakan, para mahasiswa nan telah mendaftarkan diri dalam program MBKM dapat mengikuti rangkaian proses pada linimasa nan telah ditetapkan.

"Kemendikbudristek berkomitmen untuk terus memberikan kewenangan belajar kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman nan relevan sebagai bekal di bumi pascakampus. MBKM menjadi kebijakan pertama dalam sejarah, di mana elastisitas dan pengalaman itu terbuka luas dan dibiayai pemerintah," jelas Haris dalam rilis nan diterima, Senin (29/7).

(yla/rds)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional