Seluruh Fraksi Baleg Sepakat RUU Kementerian Disahkan Paripurna Besok

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 09 Sep 2024 20:53 WIB

Rapat tingkat I antara Baleg dan pemerintah menyepakati membawa RUU Kementerian Negara ke Rapat Paripurna besok untuk disahkan jadi undang-undang. Ilustrasi. Ruang rapat paripurna di DPR RI. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyetujui Revisi Undang-undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara (RUU Kementerian Negara) untuk disahkan menjadi undang-undang dalam rapat paripurna terdekat.

Persetujuan itu adalah hasil rapat kerja baleg nan dipimpin Ketua Baleg Wihadi Wiyanto berbareng Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Annas dan Menkumham Supratman Andi Agtas di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (9/9).

Seluruh fraksi Baleg DPR RI menyetujui keputusan tersebut. Namun, terdapat beberapa catatan nan disampaikan sejumlah fraksi untuk rencana pengesahan RUU tersebut di tingkat dua alias Rapat Paripuna besok.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dari sembilan fraksi semua menyatakan setuju. Selanjutnya kami meminta persetujuan rapat, apakah hasil pembahasan RUU tentang Kementerian Negara dapat diproses lebih lanjut sesuai peraturan perundang-undangan?" tanya pemimpin rapat.

"Setuju!" sahut peserta rapat.

Sebelum pengambilan keputusan tingkat I, RUU Kementerian Negara telah dibahas Tim Perumus (Timus) dan Tim Sinkronisasi (Timsin).

Baleg dan Pemerintah juga telah bermufakat mengusulkan agar presiden mempunyai kebebasan penuh untuk menambah jumlah kementerian dan memecah lembaga kementerian.

Hal ini disepakati dalam rapat panitia kerja (panja) baleg tentang RUU Kementerian Negara pada Senin ini di kompleks parlemen.

"Fleksibilitas, ketika kelak ada penambahan-penambahan jumlah kementerian alias pemecahan lembaga di dalam kementerian itu sendiri," kata Wakil Ketua Baleg DPR Achmad Baidowi alias Awiek di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin ini.

(mab/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional