Server Data Gangguan, Imigrasi Pastikan Tetap Layani Warga

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 20 Jun 2024 18:47 WIB

Imigrasi menegaskan tetap melayani penduduk di pelabuhan dan bandara. Layanan paspor juga tetap melangkah meski belum normal. Ilustrsi Bandara Soekarno-Hatta. Imigrasi menegaskan tetap melayani penduduk di pelabuhan dan bandara. Layanan paspor juga tetap melangkah meski belum normal. (CNN Indonesia/Poppy Fadhilah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Silmy Karim menegaskan saat ini pemerintah tengah berupaya memulihkan aplikasi dan info nan akibat gangguan sistem pusat info nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Silmy mengamini saat ini instansi imigrasi, unit jasa paspor, unit kerja keimigrasian, serta tempat pemeriksaan imigrasi di airport dan pelabuhan mengalami hambatan untuk sementara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan info dengan memanfaatkan info backup PDN di Batam dan kami upayakan agar jasa bisa pulih sesegera mungkin," ujar Silmy dalam keterangan tertulis nan diterima CNNIndonesia.com, Kamis (20/6).

Namun, dia menegaskan, imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang berangkat dan tiba sesuai jadwal. Silmy mengatakan penduduk nan ada di airport bakal tetap dilayani petugas imigrasi secara manual.

"Untuk sementara, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, mengantisipasi proses pemeriksaan nan belum dapat melangkah sebagaimana mestinya," tuturnya.

Selain itu, lanjut Silmy, penduduk nan sudah punya agenda datang ke instansi imigrasi untuk perpanjangan alias pembuatan paspor bisa datang seperti biasa.

Namun, permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan bakal segera beraksi kembali setelah sistem normal.

"Ditjen Imigrasi bakal segera menyampaikan kepada masyarakat andaikan sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan jasa keimigrasian sudah bisa beraksi sepenuhnya," ucap dia.

Sementara dalam wawancara dengan CNN Indonesia TV, Silmy mengatakan gangguan tidak hanya dialami pihak imigrasi. Sebab, banyak kementerian/lembaga nan juga jadi pengguna PDN.

"Ini terjadi tidak hanya kepada kita, tapi kan nan lain, pelayanan publiknya tidak menggunakan digital. Jadi ada 80 pengguna lain, pemerintah, nan mengalami perihal serupa," katanya.

Ia pun menyatakan gangguan PDN merupakan tanggung jawab Kominfo. Imigrasi hanya pengguna layanan.

(csp/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional