Setelah Scoot, Ini Lima Maskapai Penerbangan Internasional yang Akan Buka Rute ke Indonesia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif alias Kemenparekraf, I.G.A. Dewi Hendriyani, menyampaikan adanya lima maskapai penerbangan internasional nan membuka rute baru ke Indonesia. Hal ini diharapkan bisa menambah nomor wisatawan mancanegara di Indonesia. “Kelima maskapai ini adalah Jeju Air, Batik Air Malaysia, Air Asia, China Southern Airlines, dan Starlux,” kata Dewi kepada Tempo melalui jawaban tertulis, Kamis, 15 Juli 2024.

Dewi mengatakan, pembukaan rute-rute internasional baru punya urgensinya tersendiri. Sebab, rute-rute ini melayani penerbangan internasional ke Indonesia dari negara-negara pasar utama nan berkontribusi besar terhadap kehadiran visitor mancanegara terbanyak ke Indonesia, seperti Malaysia, Australia, Cina, Thailand, Republik Korea serta Taiwan. “Diharapkan dapat membantu mempercepat pemenuhan sasaran kehadiran visitor mancanegara ke Indonesia pada 2024 ini sebesar 14,3 juta orang,” ujar Dewi.

Dewi juga menuturkan, selain pembukaan rute baru, maskapai penerbangan asal Persatuan Emirat Arab (PEA), Emirates, juga telah dikonfirmasi bakal menambah jumlah kuota penerbangan dari Dubai ke Indonesia. Penambahan kuota ini bakal dimulai pada 1 September hingga 26 Oktober 2024, dengan pengoperasian dua armada pesawat Airbus A380-800 nan bakal melayani rute Dubai-Denpasar sebanyak 14 kali penerbangan per pekan.

Berdasarkan info sampai Juni 2024, Malaysia menduduki posisi pertama penyumbang wisata mancanegara terbanyak ke Indonesia. Sedangkan Australia di peringat kedua, Cina ranking keempat, Republik Korea di ranking delapan, Taiwan di ranking 15, Thailand di ranking 19. Dewi meyakini potensi kunjungan visitor dari negara-negara ini dapat meningkatkan potensi pencapaian sasaran kunjungan visitor mancanegara ke Indonesia pada 2024 ini.

Dewi juga menambahkan, pembukaan rute internasional Bandar Seri Begawan - Jakarta diharapkan dapat memenuhi potensi visitor dari Brunei nan mempunyai kecenderungan untuk menikmati wisata bergenre luxury tourism di Indonesia.

Sebelumnya, maskapai penerbangan Scoot juga menyampaikan rencananya untuk meluncurkan jasa penerbangan dengan dua destinasi baru, berbarengan dengan penambahan unit pesawat. Terdapat dua destinasi jasa penerbangan baru, ialah Kertajati alias Bandung Raya di Indonesia dan Melaka di Malaysia.

Iklan

"Kami sangat senang mengumumkan penambahan dua destinasi baru ke jaringan kami nan sangat berkembang - Kertajati di Indonesia dan Melaka di Malaysia. Sejak peluncuran pesawat Embraer E190-E2 pada bulan Mei, kami terus memandang tingginya permintaan terhadap penerbangan kami ke alias dari beragam tujuan kami di Asia Tenggara,” kata Chief Executive Officer Scoot, Leslie Thng. 

Penerbangan dengan destinasi Bandara Kertajati bakal dimulai pada 28 September 2024, dengan gelombang penerbangan dua kali seminggu. Penerbangan ke Melaka bakal dilayani lima kali dalam seminggu, terhitung dimulai 23 Oktober 2024.

Cicilia Ocha berkontribusi dalam tulisan ini

Pilihan Editor: Pertamina Targetkan Implementasi Penuh Teknologi CCUS di Lapangan Sukowati pada 2032

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis