Siapa Sebenarnya Pemilik Jet Gulfstream yang Dipakai Kaesang-Erina saat ke AS?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Putra bungsu dan menantu Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akhir-akhir ini menjadi bahan perbincangan warganet di media sosial. Keduanya diduga pergi ke Amerika Serikat beberapa waktu lampau dengan menggunakan private jet alias jet pribadi.

Melansir dari unggahan di akun X organisasi nirlaba Trend Asia, @TrendAsia_Org, jet pribadi nan dipakai Kaesang dan Erina diketahui berjenis Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE. Pesawat itu tercatat berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Philadelphia, Amerika Serikat.

“Kaesang dan Erina terbang dengan Gulfstream G650ER (N588SE) dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Philadelphia. Tanggal perjalanan pada 18-21 Agustus 2024 dengan jarak 16.276 km. Biaya charternya US$ 556.305 alias sekitar Rp 8,67 miliar [kurs Rp15.600 per dolar AS],” seperti dikutip dari cuitan pada gambar nan diunggah oleh akun X @TrendAsia_Org.

Lantas, siapa sebenarnya pemilik jet pribadi nan dipakai Kaesang-Erina ke Amerika Serikat?

Berdasarkan penelusuran Tempo di laman resmi Federal Aviation Administration (FAA), terungkap bahwa pemilik pesawat jet pribadi Gulfstream GLF6 G650ER adalah Bank of Utah, nan terletak di Salt Lake, Amerika Serikat. Namun dalam keterangannya, Bank of Utah tersebut hanya wali petunjuk dari kekayaan berupa jet pribadi tersebut.

Pemerhati penerbangan, Alvin Lie menyebut bahwa private jet Gulfstream G650ER registrasi N588SE tersebut sangat misterius. Data penerbangannya dihapus agar tidak bisa dilacak pergerakannya. Bahkan, atas permintaan pemiliknya, info penerbangan pesawat Gulfstream G650ER registrasi N588SE juga tidak dapat diakses publik. 

“Atas permintaan pemilik, pswt Gulfstream G650ER registrasi N588SE, info penerbangannya tidak dipublikasikan/ tidak dapat diakses publik. Pemilik yg terdaftar adalah penerima kuasa alias pengelola kekayaan (Trustee) dari Bank of Utah, AS. Mungkin kreditnya belum lunas,” tulis Alvin Lie pada akun X pribadinya, @alvinlie21.

Kendati demikian, warganet sukses menemukan bahwa jet pribadi tersebut sering mampir ke Solo, Jawa Tengah. Hal itu terungkap dari unggahan video lama milik seorang Youtuber pecinta pesawat terbang nan akhir-akhir ini viral. Video itu memperlihatkan pesawat Gulfstream G650ER dengan registrasi N588SE sedang bermanuver di area bandara.

Iklan

Sementara itu, seorang warganet di media sosial X menemukan bahwa pemilik Gulfstream G650ER N588SE adalah Garena Online (Private) Ltd. Ini adalah sebuah perusahaan developer dan penerbit permainan alias game online asal Singapura.

Adapun salah satu game dari Garena nan terkenal adalah Free Fire. Di sisi lain, Garena Online berada di bawah naungan perusahaan Sea Limited. Ini merupakan perusahaan nan juga menaungi jasa marketplace ternama, Shopee. 

Apabila ditelusuri lebih jauh, tidak mengherankan jika jet pribadi Gulfstream G650ER N588SE sering terparkir di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Solo. Pasalnya, Shopee dan Garena membuka Hub di Solo Technopark sejak Desember 2021 lalu. Adapun kedua Hub tersebut adalah Shopee Solo Creative & Innovation, dan Garena Gaming & Community.

Selain itu, Shopee juga mempunyai dua instansi di Solo, Jawa Tengah nan berlokasi di Solo Paragon Mall dan Solo Technopark. Tak hanya itu, salah satu perusahaan milik Garena, Free Fire juga menjadi sponsor dari klub sepakbola Persis Solo sejak 2021 silam. 

Persis Solo sendiri dimiliki oleh Kaesang Pangarep berbareng pengusaha Solo Kevin nugroho dan Menteri BUMN Erick Thohir. Ketiganya membeli 40 persen saham Persis Solo pada 2021 lalu. Kaesang juga tercatat pernah menjadi CEO Persis Solo pada 2023.

Septia Ryanthie berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan Editor: Ramai Video Kaesang - Erina Turun dari Jet Pribadi, Barang Belanjaannya Tak Diperiksa Bea Cukai?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis