Situasi Gunung Ruang Hari Ini, Masih MunculAwan Kawah dan Gempa

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 12:40 WIB

PVMBG mengimbau masyarakat agar tetap mengikuti rekomendasi dan tak percaya hoaks. PVMBG tiap  6 jam terus pembaruan kondisi Gunung Ruang ke publik. oto udara kondisi Gunung Ruang nan mengeluarkan asap dari kawah terlihat dari Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Sabtu (4/5/2024). (ANTARA FOTO/ANDRI SAPUTRA)

Makassar, CNN Indonesia --

Aktivitas Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, hingga saat ini tetap terpantau mengeluarkan awan kawah berwarna putih dan tetap kerap terjadi gempa-gempa vulkanik.

"Aktivitas Gunung Ruang tetap dalam status level IV alias hati-hati dan tetap terekam gempa-gempa vulkanik dan ada tremor juga," kata petugas pemantau pos Gunung Ruang, Yapi Rompot, Senin (6/5) siang.

Pemantauan nan dilakukan petugas PVMBG dengan menggunakan CCTV dan merekam tetap terjadinya tremor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tremor tetap terekam dari satu sampai tiga mili dominan kedua," ujarnya.

Hingga saat dihubungi tersebut, Yopi mengatakan terpantau juga awan kawah berwarna putih dan kabut di sekitar Gunung Ruang.

"Saat ini, tetap terpantau awan kawah putih tipis sampai putih tebal, kadang-kadang juga teramati kabut," jelasnya.

Oleh lantaran tetap terjadinya gempa vulkanik dan tremor di Gunung Ruang, PVMBG mengimbau masyarakat agar tetap mengikuti rekomendasi untuk menghindari radius 5 km.

"Tidak mudah percaya dengan dengan berita-berita hoaks nan saat ini marak dari kami PVMBG tiap 6 jam kami update status Gunung Ruang," kata dia.

(mir/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional