Solusi Pangan Ala RK-Suswono: Pinjam Lahan Kosong Warga Jakarta

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 08 Sep 2024 16:40 WIB

Bakal cawagub Suswono menyebut bakal pinjam lahan kosong penduduk untuk pertanian sebagai solusi masalah pangan jika dia dan Ridwan Kamil terpilih di Pilgub DKJ. Solusi atasi masalah pangan di Jakarta ala RK-Suswono bakal pinjam lahan kosong penduduk buat ditanami tanaman musiman. (ANTARA FOTO/FAUZAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon Wakil Gubernur Jakarta Suswono menyebut rencana peminjaman lahan terlantar penduduk untuk pertanian sebagai solusi masalah pangan dan solusi jika dirinya dan Ridwan Kamil terpilih pada Pilgub Jakarta.

"Jadi di samping rupanya jika didata, lahan nan terlantar di Jakarta itu tetap banyak. Jadi kelak kita bakal mencoba menghubungi pemiliknya kira-kira mau dipakai kapan. Kalau kira-kira tetap lama kan bisa dimanfaatkan untuk tanaman-tanaman musiman kan paling dua tiga bulan panen, itu bisa dimanfaatkan," ujar Suswono Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (8/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk lahan nan tidak digunakan dalam waktu cukup panjang, kata Suswono, bisa dilakukan penghijauan hingga waktu pemilik lahan mau menggunakannya.

"Nanti pada saatnya tanamannya setelah tidak diperlukan ditebang (saja), misalnya untuk gedung ya enggak apa-apa. Tapi setidaknya puluhan tahun dia bisa mendukung untuk mengurangi polusi," tuturnya.

"Ini beberapa terobosan-terobosan nan bakal dilakukan," imbuhnya.

Wacana tersebut disampaikan Suswono ketika membahas urban farming sebagai salah satu solusi masalah pangan di Jakarta.

Suswono menyebut pangan adalah kebutuhan pokok masyarakat, tetapi Jakarta tetap mengalami hambatan pada perihal ini. Salah satu nan jadi masalah ialah nilai pangan nan belum terjangkau oleh masyarakat.

Untuk menjaga nilai agar tidak melonjak, Suswono mengatakan perlunya mengawal pasokan agar selalu lancar. Pasalnya, Jakarta tidak mempunyai kapabilitas untuk memproduksi pangan dalam jumlah besar.

"Bukan berfaedah Jakarta itu kelak tidak bisa memproduksi pangan. Karena kita bisa juga menggerakkan nan namanya urban farming, pertanian kota," terangnya.

"Jadi lahan-lahan sesempit apapun sebetulnya bisa untuk mendukung ketahanan pangan. Nanam cabe kan gampang, pakai polybag di depan rumah ataupun nanam kangkung di pagar, bisa kok," tambahnya.

(lom/bac)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional