Sosok Brian Niccol, CEO Starbucks Baru Gantikan Laxman Narasimhan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan Starbucks mengumumkan CEO baru ialah Kepala Chipotle Mexican Grill, Brian Niccol. Ia ditunjuk sebagai Chief Executive Officer Starbucks (CEO) pada Selasa, 13 Agustus 2024, menggantikan pendiri perusahaan dan mantan CEO Starbucks sebelumnya, Laxman Narasimhan.

Adapun Brian Niccol, nan juga pernah menduduki posisi senior di beberapa merek makanan besar di Amerika Serikat, termasuk Taco Bell dan Pizza Hut, bakal menjadi kepala pelaksana pada tanggal 9 September.

Dikutip dari ndtv.com, pergeseran kepemimpinan ini terjadi karena Starbucks berupaya membalikkan bisnisnya, sembari menghadapi penurunan penjualan secara luas dalam laporan finansial terbarunya.

Lebih jauh, melemahnya sentimen konsumen dan kondisi pasar nan susah di Cina sebagai aspek penyebab masalahnya.

"Brian adalah pembawa budaya nan membawa banyak pengalaman dan rekam jejak nan telah terbukti dalam mendorong penemuan dan pertumbuhan," kata ketua majelis dewan Starbucks, Mellody Hobson, dalam sebuah pernyataan saat perusahaan mengumumkan perubahan kepemimpinan.

Nancy Tengler, CEO Laffer Tengler Investments, nan mempunyai saham di kedua perusahaan juga menyambut ceria berita tersebut. "Saya berteriak-teriak saat mendengar buletin Starbucks, sahamnya sangat mengecewakan, begitu juga dengan Laxman, Brian Niccol baru saja melakukan keajaiban di Chipotle dia melakukan semua perihal nan betul dan betul-betul mendorong perusahaan menggunakan jalur Chipotle, melalui penggunaan digitalisasi, Niccol bakal memperbaiki Starbucks." kata dia dikutip dari Reuters pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Adapun melalui penunjukannya sebagai CEO Starbucks, perusahaan mencatat bahwa karyanya di Chipotle telah mendorong pertumbuhan dan pembuatan nilai nan signifikan, dengan mengutip pendapatan nan meningkat nyaris dua kali lipat dan untung nan meningkat.

Profil Brian Niccol

Iklan

Dinukil dari Reuters, Niccol telah menjadi CEO di Chipotle sejak Maret 2018 dan mengambil peran tambahan sebagai chairman sejak Maret 2020. Dia merupakan CEO Taco Bell, sebuah bagian dari Yum Brands, dari tahun 2015 hingga awal 2018 dan sebelumnya pernah memegang posisi di Pizza Hut, merek lain di bawah naungan Yum.

Sebelum bekerja di Yum, Niccol menghabiskan 10 tahun di perusahaan peralatan konsumen raksasa Procter & Gamble. Saat ini, dia menjadi personil majelis peritel big-box Walmart, dan sebelumnya pernah menjadi personil majelis pembangun rumah KB Home, dan produsen sepeda motor Harley-Davidson.

Di bawah kepemimpinannya, kreator burrito dan rice bowl ini menambah nyaris 1.000 gerai baru di seluruh dunia. Perusahaan ini juga memulai penggunaan prosesor alpukat otomatis nan memangkas waktu persiapan guacamole hingga 50 persen dan pemanggang dua sisi robotik untuk mempercepat proses memasak.

Brian Niccol, nan berfokus pada modernisasi platform pemesanan digital dan seluler jaringan burrito, dikreditkan dengan memperkenalkan jalur penjemputan pesanan digital, nan disebut Chipotlanes. Dari 271 restoran baru nan dibuka oleh perusahaan pada akhir tahun lalu, 238 di antaranya mempunyai Chipotlane.

NI KADEK TRISNA CINTYA DEWI  | REUTERS

Pilihan Editor: CEO Starbucks Blak-blakan Soal Dampak Boikot Produk Pro-Israel

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis