Staf Hasto Lapor Komnas HAM soal HP Disita Penyidik KPK

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi melayangkan laporan ke Komnas HAM imbas penyitaan handphone saat mendampingi pemeriksaan Hasto, pada Senin (10/6).

Kusnadi menilai interogator KPK Rossa Purbo Bekti telah menyalahi prosedur lantaran dirinya tak mengenai dengan Hasto sebagai saksi dalam kasus Harun Masiku.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena itu ini merupakan pelanggaran norma dan HAM sehingga dilaporkan ke Komnas HAM," kata kuasa norma Kusnadi, Petrus Selestinus di Komnas HAM, Rabu (12/6).

Petrus akan mengusulkan lima saksi ke Komnas HAM nan merupakan tim kuasa norma Hasto selama pemeriksaan di KPK. Ia meminta agar Komnas HAM segera meminta keterangan para saksi nan bakal diajukan pihaknya.

"Mereka adalah saksi nan memandang langsung gimana interogator Rossa memperlakukan kerabat Kusnadi secara sewenang-wenang," ujarnya.

Tim kuasa norma juga meminta Komnas HAM memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam kasus tersebut. Pasalnya, interogator nan menyita ponsel Kusnadi merupakan personil Polri nan diperbantukan di KPK.

Petrus menilai Komnas HAM kudu meminta penjelasan Kapolri mengenai dugaan kesewenang-wenangan nan dilakukan anak buahnya di lembaga antirasuah.

"Kami meminta Komnas HAM juga meminta Kapolri untuk didengarkan penjelasannya kenapa praktik investigasi di KPK sekarang sangat merosot," katanya.

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM, Atnike Nova Sigiro mengatakan pihaknya bakal segera menindaklanjuti laporan tersebut. Namun, Nova memastikan penyelidikan pihaknya kelak bukan mau mengintervensi proses norma nan dilakukan KPK terhadap Hasto.

"Tindakan Komnas HAM ini dalam menangani kasus ini tidak bermaksud untuk mengintervensi proses norma nan sedang berjalan," kata Atnike dalam bertemu pers usai menerima laporan Kusnadi dan kuasa hukum.

Sebelumnya Ketua KPK Nawawi Pomolango mengakui pihaknya mau mencari keberadaan tersangka suap nan juga jejak caleg PDIP Harun Masiku dengan menyita ponsel Kusnadi usai pemeriksaan kemarin.

"Itu nan saya lagi mintakan sama Pak Deputi Penindakan untuk diberikan kepada kami," kata Nawawi usai rapat di Komisi III DPR, Selasa (11/6).

Sedangkan Ketua Dewas KPK Tumpang Hatorangan Panggabean mengatakan penyitaan handphone dan kitab catatan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dari stafnya, Kusnadi sudah sesuai prosedur.

Tumpak menyebut mengatakan bahwa telah ada pemberitahuan ke Dewas mengenai dengan penyitaan tersebut.

"Ya belum boleh saya bilang. Ya sesuai. Ada. Surat perintahnya ada," kata Tumpak di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi alias Kantor Dewas KPK, Jakarta, Selasa (11/6).

(thr/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional