Sudirman Said Ikut Daftar Calon Pimpinan KPK 2024-2029

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 15 Jul 2024 20:05 WIB

Mantan Menteri ESDM Sudirman Said ikut meramaikan bursa calon ketua KPK periode 2024-2029 lantaran support kawan sejawat. Mantan Menteri ESDM Sudirman Said ikut meramaikan bursa calon ketua KPK periode 2024-2029 lantaran support kawan sejawat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said ikut meramaikan bursa calon ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029. Sudirman mengatakan keputusan untuk mendaftar capim KPK dilatarbelakangi oleh support dari teman-teman sejawat.

"Siang tadi saya sudah mengirimkan dokumen-dokumen pendaftaran secara online, dan sudah dinyatakan lengkap," ujar Sudirman saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis, Senin (15/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sudirman mengucapkan terima kasih atas dorongan dan kepercayaan nan diberikan oleh rekan sejawat dan juga koalisi masyarakat sipil antikorupsi. Ia mengaku banyak dibantu dalam mengurus manajemen pendaftaran.

"Semoga ikhtiar untuk membenahi tata kelola pemerintahan nan bersih ini diberikan kemudahan dan kelancaran," ucap Sudirman.

Mantan Ketua Tim Kecil Koalisi Perubahan ini mengatakan menjadi ketua KPK sebagaimana juga posisi ketua publik lainnya adalah senantiasa untuk memenuhi kepentingan publik, bukan agenda pribadi.

Dalam beberapa minggu terakhir, dia mengaku berbincang dengan sejumlah pihak nan mewakili pandangan publik termasuk dari aktivitas masyarakat sipil.

"Ketika panggilan tugas publik datang, kita kudu bersiap. Preferensi dan kepentingan pribadi kudu disingkirkan," ucap Sudirman.

Saat dikonfirmasi, Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Muhammad Yusuf Ateh mengatakan belum mengetahui Sudirman Said mengikuti pendaftaran capim KPK. "Belum lihat nama-namanya," kata dia kepada CNNIndonesia.com melalui pesan WhatsApp.

Setidaknya sudah ada sebanyak 352 orang sudah mendaftar sebagai calon ketua dan majelis pengawas KPK. Itu merupakan info per hari ini pukul 06.50 WIB.

Dari jumlah itu, sebanyak 210 orang mendaftar sebagai capim KPK. Sisanya, 142 orang mendaftar sebagai Dewas KPK.

Yusuf Ateh menyatakan terdapat 796 orang telah membikin akun untuk pendaftaran capim dan dewas KPK.

Untuk itu, dia meyakini pendaftar bakal terus bertambah menjelang pemisah akhir waktu pada pukul 23.59 WIB nanti.

(ryn/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional