Survei Indikator: Komeng Masuk Bursa Calon Gubernur Jabar

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Komedian sekaligus Anggota DPD RI terpilih Alfiansyah namalain Komeng masuk dalam bursa calon gubernur Jawa Barat (Jabar) jenis Indikator Politik Indonesia.

Dalam survei Indikator 20-27 Juni 2024, nama Komeng muncul di dua simulasi, ialah simulasi terbuka (top of mind) dan simulasi semi terbuka.

"Bahkan ada nan menyebut Giring, Komeng, terserah kan namanya top of mind. Termasuk ada nan menyebut nama Pak Dudung, Anies Baswedan juga muncul di sini," kata Pendiri Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam bertemu pers daring, Kamis (4/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Komeng mempunyai elektabilitas 0,8 persen pada simulasi terbuka. Ia mengungguli sejumlah nama, seperti Anies Baswedan, Ono Surono, Atalia Praratya, Ilham Habibie, dan Dede Yusuf.

Pada simulasi semi terbuka 26 nama, Komeng duduk di posisi ketiga. Elektabilitas sang komedian 5,6 persen. Ia hanya kalah dari Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi.

Komeng mengungguli sejumlah nama top di simulasi itu, seperti Dede Yusuf, Ahmad Syaikhu, Atalia Praratya, Bima Arya Sugiarto, Desy Ratnasari, dan Rieke Diah Pitaloka.

Nama Komeng baru lenyap di simulasi 12 nama. Burhan menjelaskan Indikator menghapus nama-nama nan kemungkinan besar tak mencalonkan diri.

"Simulasi 12 nama, nama-nama nan kemungkinan majunya kecil, seperti Komeng kan mini maju lantaran baru saja terpilih sebagai Anggota DPD, kita take out," ujarnya.

Survei ini dilakukan pada 20-27 Juni 2024. Indikator melibatkan 1.214 orang responden nan dipilih menggunakan metode double sampling.

Survei dilakukan dengan wawancara via telepon. Margin of error survei +/-2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebelumnya, Komeng masuk bumi politik lewat Pemilu Serentak 2024. Dia mencalonkan diri sebagai personil DPD RI di Jawa Barat.

Dia menyita perhatian publik dengan style nyeleneh dalam foto di surat suara. Komeng meraih bunyi terbanyak di Jawa Barat dan terpilih menjadi personil dewan.

(dhf/DAL)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional