Tarekat Naqsyabandiyah Sumut Rayakan Iduladha Minggu, 16 Juni

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 08 Jun 2024 13:30 WIB

Tarekat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara menetapkan Iduladha 1445 Hijriah jatuh pada Minggu, 16 Juni 2024. Tarekat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara menetapkan Iduladha 1445 Hijriah jatuh pada Minggu 16 Juni 2024. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Medan, CNN Indonesia --

Tarekat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara menetapkan Iduladha 1445 Hijriah pada Minggu 16 Juni 2024. Penetapan tersebut berasas kalkulasi almanak hisab Qomariah melalui Majelis Fatwa Thariqat Naqsabandiyah.

"Idul Adha ditetapkan jatuh pada Minggu 16 Juni 2024. InsyaAllah aktivitas dilaksanakan di masing- masing rumah suluk dan majelis zikir nan ditentukan," kata Wakil Ketua Majelis Fatwa Tarekat Naqsyabandiyah Sumut, Munawar Kholil kepada CNN Indonesia, Jumat (7/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Munawar menyebu salat Iduladha bakal dipusatkan di Bandar Tinggi Simalungun dan Marindal Medan. Sedangkan di Riau dipusatkan di Pesantren Darus Shofa, Rumah Suluk Bagan Batu, Rumah Suluk Kota Dumai dan Majelis Zikir di Indragiri Hulu.

"Untuk di Sumatera Selatan dipusatkan di Rumah Suluk Kota palembang, Rumah Suluk Bangka, dan Rumah Suluk Belitung. Dan di Pulau Jawa dipusatkan di Cigombong Bogor, Rumah Suluk di Ciater Subang dan di Jepara Jateng (Jawa Tengah)," jelasnya.

Setelah penyelenggaraan Salat Idul Adha, bakal dilakukan penyembelihan hewan kurban. Selanjutnya, daging kurban bakal dibagikan kepada masyarakat.

"Biasanya ada sembelih kurban. Tapi untuk jumlah saya belum pastikan, di rumah suluk lain biasa juga ada. Selesai salat, hanya aktivitas bagi- bagi daging kurban untuk jamaah dan masyarakat," urainya.

Munawar berambisi penyelenggaraan Salat Idualdha melangkah dengan lancar. Meskipun ada perbedaan dalam penetapan Idul Adha, dia berambisi hubungan silaturahmi dengan masyarakat tetap terjalin dengan baik.

"Harapan kami agar hubungan silaturrahim nan sudah terbangun dengan masyarakat dan pemerintahan dapat terus melangkah sekalipun terdapat beberapa perbedaan khususnya mengenai dengan penyelenggaraan salat Idul Adha tahun ini," pungkasnya.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama memutuskan Iduladha jatuh pada Senin, 17 Juni. Pemantauan bulansabit telah dilakukan di 114 titik di seluruh Indonesia nan hasilnya dimusyawarahkan dalam sidang isbat awal Zulhijah 1445.

Muhammadiyah juga sudah menetapkan jatuhnya Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin, 17 Juni 2024.

Penetapan tersebut berasas Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Dzulhijah. Penetapan Idul Adha nan dilakukan Muhammadiyah ini berasas metode hisab asasi wujudul bulansabit untuk menentukan awal bulan Hijriah.

(fnr/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional