Terapkan ESG, BRI Terima Penghargaan Community Empowerment & Development

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk alias BRI mendapatkan apresiasi berupa penghargaan dalam kategori Community Empowerment and Development pada arena Anugerah ESG Republika 2024 nan digelar di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Kamis, 19 September 2024. Penghargaan nan diterima langsung Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto ini diberikan sebagai corak apresiasi atas upaya BRI dalam mengintegrasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam strategi bisnisnya.

BRI berkomitmen dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Pada kesempatan berbeda, Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto mengatakan, penerapan ESG oleh BRI telah mencatatkan beragam torehan istimewa.

Perseroan sukses mencapai sejumlah hasil positif dalam penerapan ESG. Pada 2024, ranking ESG BRI oleh Lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P) mengalami peningkatan signifikan, dari 63 menjadi 75, nan merupakan skor tertinggi di industri perbankan Indonesia. Selain itu, BRI juga sukses mempertahankan rating Morgan Stanley Capital International (MSCI) pada nilai A selama tiga tahun berturut-turut.

Bekerjasama dengan Morningstar Sustainalytics, BRI telah menyelesaikan tinjauan tahunan nan menghasilkan pencapaian luar biasa dimana perseroan secara konsisten sukses menurunkan ESG Risk Rating. Selama dua tahun berturut-turut, BRI sukses mempertahankan predikat Low Risk, dengan skor terbaru 17,8. Predikat Low Risk nan diberikan Sustainalytics merupakan sebuah pengakuan sebuah lembaga rating berskala internasional terhadap komitmen BRI atas penerapan keberlanjutan dalam perusahaan.

BRI, kata Solichin, memahami pencapaian skor ESG nan tinggi bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan merupakan upaya berkepanjangan untuk memastikan mereka tetap berada di jalur nan betul dan memenuhi standar internasional. Pentingnya transparansi dalam laporan ESG ini perlu dilakukan lantaran tetap banyak pihak nan baru mengenal ESG, sehingga sering kali hanya memandang hasil akhir tanpa memahami proses nan mendasarinya.

Solichin mengakui, perjalanan menuju pencapaian skor ESG nan tinggi bukanlah perihal nan mudah, melainkan memerlukan upaya dan perbaikan berkelanjutan. “BRI selalu berupaya memberikan laporan nan jelas dan jeli untuk menunjukkan komitmen kami terhadap prinsip ESG," ujarnya. Dengan pendekatan nan semakin berfokus pada keberlanjutan, BRI menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkunganbukan hanya kunci untuk masa depan, tetapi juga pilar krusial dalam meraih kesuksesan jangka panjang. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis