Terkini Bisnis: Jokowi Tak Akan Mendarat di Bandara VVIP IKN, Penyebab Beda Hasil Uji Lab Roti Aoka dan Roti Okko

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terkini ekonomi dan upaya hingga Kamis siang, 1 Agustus 2024 dimulai dengan Presiden Jokowi dipastikan batal mendarat di airport VVIP Ibu Kota Nusantara alias IKN lantaran pembangunan landasan pacu belum selesai.

Kemudian info mengenai pemerintah menargetkan groundbreaking tahap VII proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa dilaksanakan pertengahan Agustus 2014.

Selain itu buletin tentang Profesor dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Rahmana Emran Kartasasmita menjelaskan penyebab hasil uji laboratorium roti Aoka dan roti Okko nan berbeda hasilnya. Berikut ringkasan dari ketiga buletin tersebut:

1. Gagal Capai Target Pembangunan, Presiden Jokowi Dipastikan Tak bakal Mendarat di Bandara IKN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kandas mengejar sasaran penyelesaian 2.200 meter landasan pacu Bandara Ibu Kota Nusantara alias IKN sebelum 17 Agustus 2024. Pasalnya, pembangunan tersendat curah hujan tinggi. Presiden Jokowi pun dipastikan tidak bakal mendarat di airport nan sebelumnya disebut airport VVIP itu.

“Target tidak bakal tercapai. Apalagi (proyek) bakal kami hentikan (sementara) pada 10 Agustus,” Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja ketika ditemui di Kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 31 Juli 2024. “Pak Presiden kemarin bilang sudah, jangan dipaksakan.”

Landasan pacu di Bandara IKN bakal dibangun sepanjang 3.330 meter. Semula, Kementerian PUPR menargetkan 2.200 meter terselesaikan sebelum HUT Kemerdekaan, sehingga bisa didarati pesawat saat seremoni HUT Kemerdekaan. Namun sementara ini, Endra mengatakan, pembangunannya baru sekitar 300-400 meter. “Masih ada waktu sampai 10 Agustus. Saya enggak tahu berapa kemampuannya (kejar target)” tutur Endra.

Baca buletin selengkapnya di sini.

2. Groundbreaking Tahap VII IKN Dikebut sebelum 17 Agustus 2024

Pemerintah menargetkan groundbreaking tahap VII proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa dilaksanakan pertengahan Agustus 2014. Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja mengatakan sudah ada penanammodal dalam negeri nan mau merealisasikan penanaman modalnya.

Iklan

"Mudah-mudahan sebelum upacara. Nanti kami jadwalkan, apakah Presiden berkenan. Secara kesiapan, penanammodal ada," kata Endra ketika ditemui di area Jakarta Selatan, Rabu, 31 Juli 2024.  Rencananya, pemerintah memang bakal menggelar upacara kemerdekaan perdana di IKN pada 17 Agustus mendatang.

Endra tidak merinci penanammodal mana nan bakal groundbreaking pada tahap VII itu. Namun nan pasti, penanammodal tersebut merupakan penanammodal domestik. Sebab, pemerintah tetap memprioritaskan penanaman modal dalam negeri alias PMDN untuk membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur itu.

Baca buletin selengkapnya di sini.

3. Hasil Pengujian Roti Aoka dan Okko Berbeda, Profesor ITB Ungkap Faktor Penyebabnya

Pengujian terhadap roti Aoka dan Okko mengalami perbedaan hasil. Menurut Profesor dari Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Rahmana Emran Kartasasmita, langkah pertama nan kudu dilakukan untuk mendapatkan kejelasan adalah memastikan apakah sampel roti dari kedua merek nan diperiksa merupakan sampel nan identik alias sama tanggal produksinya.

“Bila sampel nan diuji tidak identik, bisa saja memberikan hasil nan berbeda walaupun berasal dari merek nan sama,” kata Rahmana kepada Tempo, Sabtu 27 Juli 2024.

Menurutnya, jika dapat dipastikan sampel nan diuji identik, maka baru bisa dikaji lebih jauh hal-hal nan mengenai dengan metode uji dan hal-hal teknis lain mengenai pengolahan dan interpretasi data. Dengan catatan, data-data primer hasil pengetesan di laboratorium tersedia.

Baca buletin selengkapnya di sini.

Pilihan Editor:  Jokowi Kepincut Elon Musk Bikin AI Catwalk: Bayangkan UMKM Kita Seperti Ini

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis