Terpopuler: Alasan Jokowi Minta Prabowo Lanjutkan IKN, Cerita PHK Karyawan CNN Indonesia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaBerita terpopuler nan mendapat perhatian pembaca adalah tentang Presiden Jokowi berambisi sejumlah proyek pembangunan nan telah dijalankan saat dia menjabat bisa dilanjutkan oleh presiden berikutnya, Prabowo Subianto. Beberapa proyek itu mulai dari hilirisasi industri, ibu kota nusantara atau IKN hingga ekonomi hijau. 

Berita lain juga banyak dibaca adalah mengenai cerita tentang pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak nan dilakukan manajemen CNN Indonesia terhadap sejumlah karyawannya. Para pekerja tersebut dipecat setelah mereka mendeklarasikan berdirinya serikat pekerja berjulukan Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI).

Berikutnya adalah buletin mengenai PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan permintaan maaf atas kejadian kebakaran sebuah gerai makanan di Terminal 3 keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta, pada Ahad awal hari, 1 September 2024.

Kemudian buletin mengenai pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto bakal melanjutkan program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Program ini menjadi sumber biaya untuk merealisasikan pembangunan 3 juta unit rumah dan apartemen per tahun nan dijanjikan Prabowo. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Satgas Perumahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo.

Berikut rangkuman buletin terpopuler Tempo.co:

  1. Jokowi Harap Prabowo Lanjutkan IKN: Agar Tak Habis Sumber Energinya untuk Ganti Arah di Setiap Kepemimpinan

Presiden Jokowi berambisi sejumlah proyek pembangunan nan telah dijalankan saat dia menjabat bisa dilanjutkan oleh presiden berikutnya, Prabowo Subianto. Beberapa proyek itu mulai dari hilirisasi industri, ibu kota nusantara atau IKN hingga ekonomi hijau. 

Dengan begitu, kata Jokowi, tenaga dan waktu tidak bakal lenyap lantaran pemerintahan saat ini mempunyai banyak program kerakyatan dalam mendukung kesejahteraan.

"Dengan begitu bangsa ini tidak lenyap waktu, tidak lenyap sumber daya, tidak lenyap energinya hanya untuk berganti arah, hanya untuk berganti program setiap kepemimpinan," kata Jokowi saat memberikan kata sambutan pada apel kader dan penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu malam, 31 Agustus 2024, seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Prabowo juga telah memastikan IKN bakal diselesaikan pada masa pemerintahannya kelak. "Oh pasti diselesaikan," kata Prabowo dalam keterangan pers berbareng Presiden Joko Widodo di IKN, Kalimantan Timur, Senin, 12 Agustus 2024.

Adapun rencana garis besar pembangunan IKN memproyeksikan proyek it rampung dalam belasan tahun hingga beberapa puluh tahun. Namun, Prabowo percaya dalam kurun waktu 4—5 tahun pun IKN sudah bisa berfaedah dengan sangat baik.

Berita komplit bisa dibaca di sini.

Selanjutnya: Pekerja CNN Indonesia Cerita Kena PHK Sepihak saat Serikat Dideklarasikan...

  1. Pekerja CNN Indonesia Cerita Kena PHK Sepihak saat Serikat Dideklarasikan

Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI) menyebut manajemen perusahaan telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak terhadap pekerja nan mendirikan serikat pekerja.

Surat PHK sepihak ini dikirimkan melalui email dan ditandatangani Head of Human Capital Development (HRD), Yenita Achyar. “Bahkan e-mail PHK sepihak dikirim saat SPCI menggelar obrolan dan launching serikat pekerja ini di Jakarta Selatan pada 31 Agustus 2024,” kata Ketua Umum SPCI Taufiqurrohman melalui keterangan tertulisnya, Ahad, 1 September 2024.

Padahal, kata Taufiqurrohman, peluncuran serikat pekerja itu dihadiri Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu melalui zoom. Dalam pemaparannya, Ninik menegaskan pembentukan serikat pekerja sebagai kewenangan pekerja berorganisasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

“Ninik senang lahirnya SPCI sebagai tempat untuk meningkatkan kepedulian insan pers perihal kewenangan berserikat dan berorganisasi. Dia juga mengingatkan agar perusahaan tidak meninggalkan pemenuhan kewenangan karyawan, termasuk berserikat,” katanya. Sebab PHK sepihak ini tidak tiba-tiba saja terjadi.

Taufiqurrohman membeberkan, saat ini pekerja sedang berbeda dengan manajemen CNN Indonesia perihal pemotongan bayaran sepihak selama tiga bulan terakhir, mulai Juni, Juli, sampai Agustus, dan menolak pemotongan sepihak itu.

“Kami melaporkan ini sebagai perselisihan ke Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta pada tanggal 23 Agustus 2024. Pemotongan bayaran apalagi dilakukan secara terlarangan lantaran tanpa Surat Keputusan nan sah,” kata Taufiqurrohman.

Iklan

Ia menuturkan, saat ini SPCI adalah serikat pekerja nan resmi tercatat di Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Jakarta Selatan pada 27 Agustus 2024, dan surat PHK diterima pada 28 Agustus 2024. Sedangkan Serikat pekerja itu pun dideklarasikan pada 27 Juli 2024.

Berita komplit bisa ditulis di sini.

Selanjutnya: Kebakaran di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, AP II Minta Maaf...

  1. Kebakaran di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, AP II Minta Maaf

PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan permintaan maaf atas kejadian kebakaran sebuah gerai makanan di Terminal 3 keberangkatan Bandara Soekarno-Hatta, awal hari tadi. "AP II memohon maaf kepada penumpang pesawat atas ketidaknyamanan nan timbul," ujar Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi, Ahad, 1 September 2024. 

Holik memastikan, akibat kebakaran ini tidak mengganggu operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. "Saat ini operasional penerbangan Bandara Soekarno-Hatta tetap melangkah dengan normal," ujarnya. 

Kebakaran terjadi pada awal hari 1 September 2024, sekitar pukul 04.24 WIB. Api berasal dari genting kafe Tous les Jours, salah satu tenant food & beverage di area keberangkatan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. 

Menurut Holik,  kebakaran terjadi ketika muncul titik api dari atas genting tenan makanan tersebut. Selanjutnya, kata Holik, api langsung dipadamkan oleh  personil Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) sekitar pukul 04.30 WIB.

"Titik api nan muncul sukses dipadamkan dengan sigap sesuai prosedur dan dibantu akomodasi antara lain APAR dan hydrant sehingga tidak merambat ke letak lainnya," katanya.  

Berita komplit bisa dibaca di sini.

Selanjutnya: Hashim Pastikan Pemerintah Prabowo bakal Lanjutkan Program Tapera...

  1. Hashim Pastikan Pemerintah Prabowo bakal Lanjutkan Program Tapera

Pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto bakal melanjutkan program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Program ini menjadi sumber biaya untuk merealisasikan pembangunan 3 juta unit rumah dan apartemen per tahun nan dijanjikan Prabowo. “Tetap, tetap dilanjutkan,” kata Ketua Satgas Perumahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, saat ditemui Tempo di Hutan Kota by Plataran, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Hashim mengatakan, timnya saat ini tengah mengkaji sumber-sumber pendanaan untuk sektor perumahan. Sumber-sumber itu antara lain Tapera, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF), dan Bank Tabungan Negara (BTN). “Kita kudu mengumpulkan biaya untuk bisa berkekuatan membangun 3 juta rumah. Tapera itu salah satu instrumen,” kata adik kandung Prabowo itu.

Hashim mencontohkan, di Singapura ada program Central Provident Fund (CPF). Sedangkan di Malaysia ada Employees Provident Fund (EPF). Menurut Hashim, program-program itu telah melangkah selama 30 sampai dengan 40 tahun. “Salah satu tujuan adalah suplai biaya untuk pembangunan rumah itu tersedia. So, itu sedang dikaji,” kata Hashim.

Pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto berjanji bakal membangun tiga juta kediaman setiap tahun. Rinciannya, 2 unit rumah bakal dibangun pemerintah di desa dan 1 juta unit apartemen di kota.

Hashim Djojohadikusumo, mengatakan pembangunan 2 juta unit rumah di pedesaan bakal dipercayakan kepada upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM), koperasi, dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Perusahaan kontraktor konglomerat dilarang untuk masuk ke bagian ini!" kata Hashim dalam pertemuan APEC Business Advisory Council Indonesia di Hutan Kota by Plataran, GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Berita komplit bisa dibaca di sini.

Pilihan Editor: Pekerja CNN Indonesia Cerita Kena PHK Sepihak saat Serikat Dideklarasikan

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis