Terpopuler: IAI Tanggapi Kritik soal Desain Istana Garuda IKN, Kronologi Anggota Paskibraka Dilarang Berjilbab

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Berita terpopuler ekonomi dan upaya pada Kamis, 15 Agustus 2024 dimulai dari tanggapan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) soal ramai kritik atas kreasi Istana Garuda di IKN.

Berikutnya ada buletin tentang promo kemerdekaan dari KAI Divisi Regional 1 Sumatera Utara dan bingkisan bagi peraih lencana Olimpiade 2024. Lalu ada buletin tentang keraguan Walhi bahwa Prabowo bakal memprioritaskan pembangunan IKN dan kronologi personil wanita Paskibraka dilarang berjilbab.

Kelima buletin itu terpantau paling banyak diakses oleh para pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan lima buletin trending tersebut.

1. Desain Istana Garuda IKN oleh Nyoman Nuarta Tuai Kritik, IAI: Masyarakat Tidak Boleh Disesatkan..

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menyampaikan pandangan soal ramai kritik atas kreasi Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN) nan dirancang oleh I Nyoman Nuarta. Alih-alih mirip Garuda, kreasi tersebut dianggap warganet lebih mirip kelelawar.

“Seorang arsitek kudu bertanggung jawab atas rancangannya, dalam memenuhi kode alias izin gedung gedung nan memenuhi kriteria keselamatan, kemudahan, kenyamanan, dan kesehatan,” kata Ketua Umum IAI, Ar G Budi Yulianto, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 15 Agustus 2024.

Ia mengatakan, produk rancangan arsitektur merupakan campuran estetika, kegunaan dan struktur. Budi mengatakan, rancangan arsitektur kudu memenuhi kriteria-kriteria nan ada dalam arsitektur, pendapat kreasi wajib disesuaikan, dan dalam perihal ini tentu dilakukan oleh arsitek.

Simak lebih jauh tentang tanggapan IAI soal ramai kritik atas kreasi Istana Garuda IKN di sini. 

  • 1
  • 2
  • 3
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis