Terpopuler: Kaesang Diminta Jelaskan Duit Sewa Pesawat Jet Pribadi, Sikap PBNU setelah Gus Yahya Bertemu Jokowi

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaBerita terpopuler nan banyak mendapat perhatian pembaca adalah tentang Kaesang Pangarep nan diminta untuk menjelaskan sumber duit nan dia pakai menyewa pesawat jet pribadi untuk ke Amerika Serikat berbareng istrinya, Erina Gudono. Putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu menjadi sorotan publik lantaran jalan-jalan berbareng family menggunakan pesawat jet pribadi jenis Gulfstream G650 nan biaya sewanya diperkirakan mencapai Rp 308 juta per jam.

Berita lain juga banyak dibaca adalah tentang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya, hari ini berjumpa dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Dalam pertemuan tersebut, Gus Yahya menyampaikan bahwa mereka siap mengelola konsesi tambang batu bara seluas 26 ribu hektare di Kalimantan Timur.

Lalu buletin mengenai cerita jejak anak buah kapal Run Zeng 03 nan terpaksa melompat dari kapal ikan berbendera Rusia. Aksi itu terjadi di perairan Kepulauan Aru, Maluku, pada 11 April 2024. Mereka melompat dari kapal lantaran merasa pekerjaan nan berat dan tidak digaji seperti perjanjian mereka direkrut.

Kemudian buletin tentang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan uji coba landasan pacu di Bandara IKN, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan uji coba perdana itu melangkah lancar dan berhasil. Namun setelah uji coba, tetap ada proses assesment lain untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan.

Berikut rangkuman buletin terpopuler Tempo.co:

  1. Kaesang Diminta Jelaskan Sumber Duit Sewa Pesawat Jet Pribadi ke Amerika

Ekonom UPN Veteran Jakarta Achmad Nur Hidayat meminta Kaesang Pangarep menjelaskan kepada publik ihwal dugaan penggunaan jet pribadi untuk ke Amerika Serikat berbareng sang istri, Erina Gudono. Apalagi persoalan penggunaan pesawat jet pribadi oleh putra bungsu Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu sudah menjadi sorotan publik. 

"Kaesang dan family perlu menjelaskan kepada publik berapa biaya dan sumber biaya nan digunakan untuk menyewa jet pribadi itu," kata Achmad kepada Tempo, Ahad, 25 Agustus 2024.

Di media sosial, netizen memperkirakan biaya sewa jet pribadi nan digunakan Kaesang dan Erina mencapai US$ 13.000 hingga US$ 19.750 per jam. Bila dikonversi ke rupiah, setara kurang lebih Rp 202 juta hingga Rp 308,8 juta per jam. Adapun jenis jet pribadi nan diduga disewa itu adalah Gulfstream G650.

"Saat kondisi ekonomi menantang bagi rakyat, menggunakan jet pribadi mewah bisa dikatakan sebagai tindakan tidak sensitif, apalagi menyinggung emosi publik," ujar Achmad.

Terlebih, dugaan penggunaan jet pribadi untuk perjalanan ke Amerika itu dilakukan ketika situasi di Indonesia sedang memanas. Hal ini seiring adanya demo massa menolak RUU Pilkada oleh DPR nan ditengarai memberi karpet merah bagi Kaesang untuk maju Pilkada 2024. Namun belakangan, revisi itu dibatalkan dan DPR mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi ihwal periode pemisah dan usia kandidat Pilkada. Kaesang juga dinyatakan batal maju dalam Pilkada 2024.

Berita komplit bisa dibaca di sini.

Berikutnya: Usai Temui Jokowi, Gus Yahya Yakin PBNU Bisa...

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis