Tessa Mahardhika, Penyidik Polri yang Kini Jadi Juru Bicara KPK

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 07 Jun 2024 13:48 WIB

Tessa Mahardhika Sugiarto ditunjuk menjadi ahli bicara KPK menggantikan Ali Fikri. Tessa merupakan seorang interogator nan berasal dari Polri. Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menunjuk Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai ahli bicara lembaga menggantikan posisi nan diemban oleh Ali Fikri. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menunjuk Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai ahli bicara lembaga menggantikan posisi nan diemban oleh Ali Fikri.

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak menjelaskan Ali Fikri selama ini merangkap sebagai Kepala Bagian Pemberitaan sekaligus Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Iya benar, beliau [Ali Fikri] itu Kabag Pemberitaan, jika jubir hanya Plh. Sekarang sudah ada pejabat jubir nan definitif kerabat Tessa," ujar Johanis saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis, Jumat (7/6).

Sementara itu, Ketua Sementara KPK Nawawi Pomolango menjelaskan keputusan tersebut diambil dalam rangka penyegaran organisasi.

"Enggak ada salahnya jika kami berencana melakukan semacam 'penyegaran' sekaligus memberi ruang kesempatan pada pegawai-pegawai KPK lainnya untuk menjadi 'corong' lembaga," ucap Nawawi.

Belum banyak info mengenai Tessa Mahardhika Sugiarto nan beredar di internet. Hal itu dikarenakan Tessa selama ini bekerja di KPK di ruang tertutup sebagai penyidik.

Tessa sempat muncul ke publik saat mengomentari kasus perintangan investigasi korupsi pengadaan KTP elektronik (e-KTP) nan menjerat mantan personil DPR RI Miryam S Haryani.

"Pihak-pihak nan patut dikenai Pasal 21 (UU Tipikor) masuk dalam pertimbangan kami, tapi konsentrasi kami lebih dulu untuk menyelesaikan perkara inti Ibu Miryam," ujar Tessa dalam bertemu pers di Kantor KPK, Jakarta, Senin, 1 Mei 2017.

Berdasarkan info nan diperoleh CNNIndonesia.com, Tessa juga terlibat ke dalam tim nan menangani kasus korupsi support sosial (bansos) Covid-19 mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dan kawan-kawan.

Selain itu, Tessa sempat mengikuti seleksi untuk kedudukan Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK pada 2020 dan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I pada 2023.

Tessa merupakan interogator nan berasal dari Polri. Ia mulai bekerja di lembaga antirasuah sejak 2010 lalu. Tessa meraih gelar sarjana di bagian Ilmu Kepolisian dan gelar Magister di bagian Komunikasi.

Tessa mempunyai pengalaman dalam investigasi korupsi di Indonesia. Ia adalah salah satu interogator nan mempunyai pengetahuan banyak tentang praktek-praktek korupsi.

(ryn/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional