Tiga Kali Rombak Menteri, Ini Daftar Reshuffle Kabinet Jokowi Setelah Prabowo Jadi Presiden Terpilih

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Dua bulan menjelang akhir masa jabatannya, Presiden Joko Widodo kembali melakukan reshuffle atau perombakan pada susunan menteri dan pejabat di kabinetnya. Terbaru, Jokowi melantik tiga menteri, satu wakil menteri, dan tiga kepala badan pada Senin, 19 Agustus 2024 di Istana Negara, Jakarta.

Reshuffle kabinet ini berasas patokan Keppres No 92/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 serta Keppres Nomor 52/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Wamenkominfo Kabinet 2019-2024.

Beberapa nama menteri nan dilantik pada kesempatan ini adalah Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia nan digeser menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Ini merupakan reshuffle ketiga Presiden Jokowi setelah Prabowo Subianto ditetapkan sebagai presiden terpilih pada Pemilihan Presiden alias Pilpres 14 Februari 2024 lalu. Lebih lanjut, berikut daftar reshuffle kabinet Jokowi setelah Prabowo terpilih jadi presiden.

Daftar Reshuffle Kabinet Jokowi

Reshuffle Kabinet Jokowi setelah Pilpres 2024 dilakukan pertama kali pada 21 Februari 2024. Kala itu kepala negara menunjuk Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator bagian Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Dia mengisi posisi nan ditinggalkan Mahfud MD lantaran maju dalam Pilpres 2024 sebagai calon wakil presiden Ganjar Pranowo.

Selain itu, Jokowi juga mengangkat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Ketua Umum Partai Demokrat ini menggantikan Hadi Tjahjanto nan digeser menjadi Menko Polhukam. Adapun Partai Demokrat adalah salah satu partai pengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Perombakan kabinet kembali terjadi pada 18 Juli 2024. Kali ini, giliran Thomas Djiwandono nan diminta menjadi Wakil Menteri Keuangan. Dia adalah politikus Partai Gerindra sekaligus keponakan Prabowo.

Selanjutnya: Ada juga Sudaryono nan diangkat menjadi Wakil Menteri Pertanian....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis